RSUD dr. H Jusuf SK Miliki UTD, akan Siapkan Ruangan Khusus

benuanta.co.id, TARAKAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Jusuf SK kini telah memiliki Unit Transfusi Darah (UTD). Artinya, pemenuhan akan kebutuhan darah pasien sudah seharusnya tak bergantung kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Tarakan.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. H Jusuf SK, dr. Budy Azis B, Sp.PK menjelaskan untuk melepas ketergantungan kepada PMI tentu membutuhkan proses.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Jadi masih tetap masih tergantung kepada PMI, karena biar bagaimanapun pengolahan darah dan yang lain-lain masih ada di sana (PMI),” jelasnya, Sabtu (20/8/2022).

Saat ini kebutuhan darah pada pasien di RSUD dr. H Jusuf SK masih saling back up dengan PMI Tarakan. Pengolahan darah sendiri diungkapkan Budy dapat dilakukan untuk darah merah dan darah konvalesen.

“Kalau alat darah konvalesen kita ada juga, karena itu bantuan dari Kementrian Kesehatan, saat ini tidak digunakan karena untuk Covid, ke depan pasti digunakan untuk yang lain,” urainya.

“Itu sudah pernah kita gunakan, tapi karena sekarang sudah melandai, jadi tidak lagi kita gunakan,” sambungnya.

Budy lebih lanjut menerangkan, untuk darah merah yang paling banyak dibutuhkan saat ini ialah O dan A. Namun, untuk jenis darah lainnya seperti B dan AB juga banyak dibutuhkan.

Dikatakannya, golongan darah B dan AB banyak yang membutuhkan, namun yang memiliki darah golongan itu hanya sedikit.

“Kalau O sama A yang butuh banyak, yang punya juga banyak. Misanya bertiga, ada O 2 yang 1 B jadikan banyakan O,” tuturnya.

Mengantisipasi terjadinya kekurangan seperti darah O dan A yang banyak dicari, pihaknya mengusahakan untuk mencari pendonor di daerah sekitar pasien yang berasal dari pasien.

“Kita alat juga lengkap, ke depan akan dibuatkan lagi ruangan khusus untuk UTD itu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *