Gubernur Usulkan Pengusaha Lokal Dilibatkan dalam Pembangunan KIHI Didukung Menhub

TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara H Zainal Arifin Paliwang meminta pihak pengelola kawasan industri melibatkan pengusaha lokal, khusus di wilayah Bulungan, dalam pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau sebelumnya disebut KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi.

Pelibatan pengusaha lokal, disampaikan orang nomor satu di Kaltara itu saat kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di lokasi area 2 Alumunium Smelter Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Jumat (19/8).

“KIHI ini kan salah satu mega proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Tentu, bakal banyak proyek besar di dalam pembangunannya. Untuk itu, tadi saya minta agar melibatkan pengusaha lokal,” ujar Gubernur.

Baca Juga :  Biro PBJ Kaltara Dorong Setiap OPD Gunakan E-Katalog

“Ya misal saja untuk alat-alat berat, itu kan bisa sewa yang ada disini, jadi tidak semua harus dimobilisasi dari luar. Lalu, terkait bahan material, saya juga minta agar bisa dibeli lewat pengusaha lokal,” jelasnya.

Gayung pun bersambut, sontak Menhub pun turut menyampaikan apa yang disuarakan Gubernur kepada pengelola kawasan industri. Menhub meminta agar pengelola di kawasan mengorganisir pelibatan masyarakat dalam pembangunan kawasan industri.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Ajak ASN dan Masyarakat Berzakat 

Menurutnya, pengusaha lokal harus mendapat ruang untuk berkontribusi dalam pembangunan kawasan industri. “Pengusaha lokal juga harus diakomodir, agar bisa berkolaborasi, bersinergi, dengan kegiatan usaha industri yang ada di desa Tana kuning-Mangkupadi ini,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi. (dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *