oleh

Tingkatkan Mutu Layanan Peserta JKN, BPJS Kesehatan Tarakan Gelar Utilization Review

TARAKAN, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Tarakan mengadakan Utilization Review (UR) bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tarakan. Acara yang dihadiri oleh Direktur RSUD Tarakan dan jajaran manajemen rumah sakit ini dilakukan untuk mengevaluasi layanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan guna menciptakan sinergitas antara regulasi dengan aplikasi pelayanan terhadap peserta (Jaminan Kesehatan Nasional) JKN di lapangan yang diharapkan bisa meminimalisir kendala dan menjaga kepuasan peserta terhadap pelayanan rumah sakit.

“Hal ini perlu dilakukan untuk memantau kinerja fasilitas kesehatan. Dengan adanya UR, diharapkan tercapainya mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN sesuai dengan mutu yang ditetapkan dan diselenggarakan secara efisien, baik dari kegiatan promotif, preventif, kuratif serta angka kunjungan dan rujukan” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Cut Marisa, Rabu (17/08).

Selain membahas hasil evaluasi pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada peserta JKN, pertemuan ini juga mereview tren kasus rawat jalan dan rawat inap perbulannya, trend biaya verifikasi rawat jalan dan rawat inap per bulannya, 10 besar kode CBGs tertinggi pada pelayanan rawat jalan dan rawat inap, 10 besar kasus kontrol ulang tertinggi pada pelayanan rawat jalan, 10 besar kode CBGs tertinggi pada pelayanan rawat inap, 10 besar kode CBGs diagnosa primer tertinggi pada pelayanan rawat inap, dan 10 besar kasus berbiaya mahal yang meningkatkan severity level pada pelayanan rawat inap.

“Kami juga membahas mengenai kualitas klaim, bahan verifikasi pasca klaim, beserta kepatuhan fasilitas kesehatan terkait iur biaya, rekrutmen peserta Program Rujuk Balik (PRB) di FKRTL dan pemanfaatan sistem antrean online,” ujarnya.

Direktur RSUD Tarakan, Rustan Samsuddin menyambut baik kegiatan UR yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Tarakan. Ia pun berharap RSUd Tarakan dapat memenuhi standar pelayanan yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan.

“Terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama ini. Kami berharap dengan kegiatan UR ini dapat menjadi catatan bagi kami untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan bagi peserta JKN maupun pengadaan sarana dan prasarana yang ada di RSUD Tarakan,” ucap Rustan. (adv/oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 − thirteen =