oleh

Smartphone untuk Anak, Kapan?

Oleh:

Lasria Gultom, S.Pd

(Kepala KBTK Kristen Tunas Kasih)

 ERA digital ini, smartphone telah naik pangkat menjadi kebutuhan Primer. Anak-anak hingga orang dewasa, saat ini sangat membutuhkan smarphone guna mendukung aktivitas sehari-hari. Aktivitas tersebut beraneka ragam, entah hanya sekedar chat dengan dalil silaturahmi, bisnis, belajar, komunitas dll, hampir semuanya ada pada genggaman smartphone.  Tidak sulit menemukan anak menggunakan smartphone, bahkan belum bisa berbicara sudah mahir membuka dan bermain smartphone. The babies are smarter than the baby boomers dalam menggunakan mesin kecil yang kita sebut smartphone.

Smartphone jika dipergunakan dengan arif dan bijak, maka akan memberikan dampak positif dan dapat menunjang aktivitas dengan baik serta lancar. Namun perlu diketahui juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan smartphone secara benar, baik itu waktu maupun situs-situs yang bermanfaat, terlebih untuk kebutuhan seorang anak. Orang tua harus memiliki pengetahuan dan kebijakan yang baik terhadap penggunaan smartphone secara positif. Penggunaan smartphone yang tidak diatur dengan benar maka akan memberikan dampak buruk kepada anak. Apalagi jika anak tidak siap atau tidak pada usia yang seharusnya diperbolehkan menggunakan smartphone, maka akan menimbulkan problem baru bagi orang tua.

Kapan anak dapat diberikan Smartphone ?

Mengenalkan smartphone pada anak, memang memberikan hal positif, namun jika diberikan secara berlebihan akan berdampak negatif. Konsultan Psikologi Achsinfina H Sinta, yang pendapatnya dilansir pada medcom.id mengatakan bahwa untuk anak di bawah usia 5 tahun tidak disarankan dan sebaiknya tidak terlalu intens dalam menggunakan smartphone. Karena pada usia tersebut merupakan masa emas dimana sensor motoric anak sedang tumbuh dan berkembang pesat. Disampaikan pula bahwa smartphone dapat diberikan pada anak usia 7 tahun dan hindari smartphone sebagai mainan atau bermain game, serta yang terpenting jangan memberikan kesempatan pada anak untuk menggunakan smartphone secara berlebihan.

Setiap orang tua menginginkan anaknya untuk tetap mengikuti perkembangan zaman, namun apakah kita siap untuk mendampingi serta membimbing anak dalam menggunakan smartphone dengan bijak dan bertanggung jawab?

Sebelum memberikan smartphone kepada anak, kita orangtua perlu mempersiapkan diri dengan membekali diri terlebih dahulu. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Membuat aturan atau perjanjian bersama anak mengenai penggunaan smartphone serta membekali anak mengenai penggunaan smartphone yang aman.
  • Mencari tau jenis smartphone yang sesuai dengan anak dan mengenal fitur-fitur smartphone yang akan diberikan kepada anak.
  • Menekankan kepada anak bahwa smartphone adalah milik orangtua dan hanya dipinjamkan kepada anak. Sehingga orangtua lah yang mengatur kendali penggunaan smartphone.
  • Membuat jadwal penggunaan smartphone untuk anak, contohnya: hanya hari libur tidak lebih dari 2 jam.
  • Rajin untuk update pengetahuan mengenai aplikasi yang biasa digunakan anak.
  • Menginstall fitur yang dapat digunakan untuk memantau aktivitas anak dalam menggunakan smartphone.

Dengan menyiapkan diri, orangtua dapat membantu anak untuk SIAP menggunakan Smartphone dengan bertanggung jawab dan aman.

Orang tua SIAP, Anak SIAP.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four + 11 =