Ini Empat Parpol dengan Figur Potensial di Pilgub Sulsel

 

 

benuanta.co.id, MAKKASAR – Meski kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) terbilang masih lama. Namun konstelasi politik mulai kelihatan dengan figure-figur yang mulai mengemuka.

Sejauh ini ada empat parpol di Sulsel yang memiliki figur cukup kuat untuk menghadapi kontestasi politik di 2024 mendatang. Yakni Partai Gerindra, NasDem, Golkar dan PPP.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menilai  empat parpol ini paling siap menghadapi Pilgub 2024 karena memiliki figur internal cukup potensial untuk memenangkan pemilihan.

Menurut Suwadi, Gerindra memiiliki Ketua DPD Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) yang sangat siap bertarung di Pilgub 2024.

Kata dia, AIA memiliki beberapa keunggulan, yakni dijamin partainya, siap dengan cost politik, serta  memiliki Punya basis geopolitik yang rill.

“Dan tentu saja akan sangat diuntungkan bila ketua umumnya, Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden RI di pilpres 2024 yang dihelat bulan Februari. Hal tersebut membuat jalan AIA akan semakin mulus di Pilgub,” kata Suwadi.

Baca Juga :  Jaga Integritas Petugas Pemilu, Bawaslu Awasi Perekrutan Ad Hoc

Kemudian, Partai Nasdem juga memiliki kader interna cukup potensial untuk didorong maju di Pilgub Sulsel. Antaranya Ketua DPW Rusdi Masse (RMS) dan Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Partai ini memiliki  figur internal yang berimbang kekuatannya, yakni Rusdi Masse dan Danny Pomanto. Keduanya mempunyai basis pemilih yang jadi modal mereka, jadi DPP Nasdem tinggal menentukan siapa yang akan diusung diantara nya,” urainya.

Lalu Partai Golkar, kata Suwadi, memiliki dua figur internal, yakni Ketua DPD Taufan Pawe (TP) dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS). Keduanya cukup bersaing di internal Golkar karena mereka memiliki keunggulan untuk diusung. Bahkan jika keduanya dipaketkan akan membuat pilgub Sulsel menjadi lebih menarik.

“Dalam Golkar Sulsel ada nama TP dan IAS, keduanya merupakan kader Golkar yang memiliki basis kekuatan yang bila digabungkan akan membuat Pilgub makin seru nanti,” ujar Suwadi.

Baca Juga :  MUI Sulsel Keluarkan Maklumat Tentang Busur, Ini Poinnya 

Selanjutnya PPP, mempunyai kader internal Amir Uskara (AU). AU dianggap sebagai figur kuat dan layak untuk dipersiapkan pada Pilgub 2024.

“AU memiliki basis suara yang rill dan juga tergolong siap dengan cost politiknya,” sebutnya.

PT IPi juga menilai, selain figur internal ke empat parpol tersebut, sejumlah nama eksternal juga memiliki potensi besar  bertarung di Pilgub Sulsel mendatang. Yakni, Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Beberapa figur Eksternal bisa dijadikan alternatif Gerindra, Nasdem, Golkar, PPP, seperti Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, hingga mantan Mentan RI Andi Amran Sulaiman,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse memastikan tidak menyiapkan diri untuk Pilgub Sulsel. Diakui RMS, dirinya lebih memilih untuk membesarkan partai besutan Surya Paloh.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Bisa Menjadi Penyelenggara Pemilu di 2024

“Saya tidak pernah bicara Pilgub dan saya tidak pernah menyiapkan diri untuk Pilgub,” kata RMS baru – baru ini.

Berbeda dengan RMS, Ketua  DPD  Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menyatakan sudah mulai melakukan persiapan menatap Pilgub 2024. AIA mengaku akan melihat terlebih dahulu respon masyarakat, sebelum menyatakan secara terbuka untuk maju di Pilgub Sulsel.

“Saat ini memang publik lagi menjajaki nama-nama yang berpeluang untuk maju dalam kontestasi itu. Biar publik yang menilai kepantasan seseorang untuk maju sebagai kandidat, ” tutur AIA belum lama ini.

Meski Pilgub Sulsel terbilang masih lama atau dua tahun lagi, namun AIA mengakui, sudah mulai membangun komunikasi dengan sejumlah figur yang memiliki kans di Pilgub Sulsel, antaranya Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

“Semua kemungkinannya ada, (komunikasi dengan Bupati) sangat baik, ” imbuhnya. (*)

Reporter: Akbar

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + fourteen =