oleh

Puluhan Warga Sulsel Namanya Dicatut Sebagai Anggota Parpol, Segera Cek di Website Info Pemilu

benuanta.co.id, Makassar – Puluhan warga di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lantaran namanya dicatut sebagai anggota partai politik.

Sejak posko pengaduan terkait keanggotaan parpol di Sistem Informasi Pemilu (Sipol) dibuka, 12 Agustus lalu, Bawaslu Sulsel telah menerima 23 aduan hingga Selasa, (16/8).

“Sejak posko pengaduan masyarakat terkait dengan keanggotaan Parpol dalam Sipol, telah ada 23 aduan yang masuk,” kata Komisioner Bawaslu Sulsel Saiful Jihad, Rabu, (17/8).

Dengan adanya aduan tersebut, Bawaslu mengarahkan warga untuk membuat surat pernyataan bahwa tidak pernah tercatat sebagai anggota parpol, namun NIK-nya terdaftar di Sipol.

“Berdasarkan aduan tersebut, Bawaslu meminta yang bersangkutan untuk mengisi form pernyataan bahwa dirinya tidak menjadi anggota salah satu Partai Politik tertentu,” katanya.

Hanya saja, Syaiful Jihad tidak menyebutkan secara detail parpol apa saja yang diduga mencatut nama warga. Dia juga tidak menyebutkan aduan tersebut dari daerah mana saja di Sulsel. Namun aduan ini, akan diteruskan ke KPU dan Bawaslu kabupaten – kota untuk ditindaklanjuti.(*) 

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × 3 =