oleh

Kado dari Warga Perbatasan, Besok Bendera Sepanjang 10 Kilometer akan Dibentangkan di Laut Sebatik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, bendera merah putih dengan panjang 10 Kilometer akan dibentangkan di perairan perbatasan RI-Malaysia yang akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Cucu Syarif Hidayatullah (52), selaku Ketua panitia penyelenggara pembentangan bendera mengatakan pembentangan akan dilakukan setelah dilaksanakan upacara detik-detik proklamasi di Pelabuhan PLBN Sebatik.

“Jadi nanti setelah upacara kita akan langsungkan pembentangan bendera di laut,” ujar cucu kepada benuanta.co.id, Selasa (16/8/2022)

Diungkapkannya, kegiatan ini merupakan inisiatif dari BAIS Sebatik bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sebatik dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

Untuk anggaran kegiatan pembentangan bendera menggunakan dana kurang lebih Rp 233 juta, dana tersebut merupakan dukungan dana dari berbagai tokoh-tokoh masyarakat termasuk dari Pemerintah Daerah, Pemprov hingga anggota DPRD RI perwakilan Kaltara.

Cucu mengatakan, bendera tersebut akan dibentangkan di atas laut dengan menggunakan 150 perahu yang mana bendera tersebut akan di bentangkan mulai dari jembatan pos AL. Dalam satu perahu ada sekitar 4 orang peserta pembentangan jadi ada sekitar 600 orang yang ada di perahu nantinya.

“Dimulai dari pos AL, lalu ditarik lurus hingga ke Desa Tanjung Aru menggunakan perahu, jadi ada 150 perahu yang akan terlibat, nantinya jarak satu perahu ke perahu lainnya yakni 50-70 meter,” bebernya.

Sementara itu, untuk peserta yang ikut serta dalam pembentangan tersebut adalah peserta yang terdiri dari anggota Pramuka, undangan yang hadir serta tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Sebatik.

Disampaikannya, pembentangan ini sebagai bentuk untuk menunjukkan zona perbatasan Indonesia yang ada di Laut Sebatik Timur. Selain itu, pembentangan ini juga nantinya akan dilihat oleh negara tetangga Malaysia karena jaraknya yang sangat berdekatan dengan Malaysia. Selain itu ini merupakan kado ulang tahun untuk RI.

“Ini adalah kado ulang tahun dari kami Warga perbatasan yang ada di sebatik untuk Negara Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua LSM Panjiku, Mansur Rincing selaku koordinator pembentangan mengatakan bendera yang akan dibentangkan merupakan bendera dengan ukuran 10 ribu meter, atau sekitar 10 kilometer, dengan lebar 1 meter yang disimpan di Dinas Perpustakaan Daerah Nunukan.

“Berat bendera yang akan dibentangkan besok beratnya kurang lebih 7 ton, yang terbuat dari kain Asahi,” ujar Mansur kepada benuanta.co.id, Selasa (16/8/2022)

Diungkapkannya, bendera yang akan dibentangkan di Laut Kecamatan Sebatik Timur ini merupakan bendera yang sudah pernah menorehkan sejarah, yang mana Mansur mengatakan pada tahun 2012 juga sudah pernah dibentangkan di darat Sebatik.

“Tahun 2012, bendera ini sudah pernah kita bentangkan tapi di darat, besok akan kembali dibentangkan tapi di Laut Sebatik,” katanya.

Untuk pelipatan bendera yang dilakukan Senin malam (15/8/2022) di Kantor Dinas perpustakaan daerah, ia mengatakan untuk pembantuan pelipatan bendera dan dimasukan ke dalam kardus dibantu oleh 10 orang Warga Binaan Lapas (WBL) kelas II B Nunukan.

“Kita dibantu oleh 10 WBL, jadi ada 4 perempuan dan 6 laki-laki, jadi mereka juga nantinya akan ikut dalam proses pembentangan bendera.” ungkapnya.

Mansur mengatakan, saat ini posisi bendera masih di Nunukan, direncanakan nanti malam akan dibawa ke Sebatik. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 − 9 =