oleh

Lewat Debat Pelajar, Bawaslu Siapkan Pemuda Kaltara Kawal Pemilu 2024

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltara akan menggelar lomba debat antar pelajar agar memotivasi para pemilih pemula untuk serta mengawasi kegiatan Pemilu.

Ketua Bawaslu Kaltara, Suryani mengatakan, biasanya pemilih pemula terkesan bingung dalam melakukan pengawasan Pemilu.

“Sehingga digelarlah lomba debat antar pelajar yang bertema demokrasi ini, untuk memperkenalkan dunia Pemilu kepada pemilih pemula,” ujarnya.

Ia juga menambahkan saat ini masing-masing daerah di Kaltara telah memiliki perwakilannya sendiri. Sehingga dari perwakilan ini diharapkan dapat menjadi pelopor untuk para pemilih pemula ikut serta dalam mengawal jalannya tahapan Pemilu.

“Tujuan lomba ini memang seperti itu dan kita ingin hingga tahun 2024 mendatang akan banyak lagi pemuda di Kaltara yang turut serta mengawal Pemilu,” tandasnya.

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Tana Tidung (KTT) tengah mempersiapkan bimbingan serta akomodasi untuk tim pelajar perwakilan KTT yang akan menghadapi lomba debat antara pelajar SMA dan SMK se-Provinsi Kaltara.

“Bimbingan atau seminar dari kita di Bawaslu daerah tentu harus ada, apalagi pelajar kita di KTT ini baru pertama kali ini kompetesi lomba debat seperti ini,” kata Ketua Bawaslu KTT, Chaeril saat ditemui benuanta.co.id, Senin 15 Agustus 2022.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, waktu pelaksanaan lomba debatnya sendiri akan dilaksanakan setelah perayaan HUT ke -77 RI.

“Ketika semua juara di masing-masing daerah ditentukan, baru lomba debat di provinsi dimulai dan saat ini proses lomba debat di daerah lain masih berjalan,” sebutnya.

“Setelah itu nantinya juara I dalam lomba debat se-provinsi, akan mewakili Kaltara untuk lomba debat se – Nasional yang akan digelar oleh Bawaslu RI. Sesuai jadwal lomba debat ini akan dilaksanakan di Kota Tarakan pada tanggal 18 Agustus mendatang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four + one =