oleh

Jelang Hari HUT RI, Persiapan Paskibraka Capai 90 Persen

benuanta.co.id, BULUNGAN – Jelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke-77 di Lapangan Agatis Tanjung Selor. Para petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) jalani latihan pemantapan atau gladi bersih.

Latihan ini berupa simulasi dengan menghadirkan peserta upacara dari unsur TNI Polri, ASN, mahasiswa dan pelajar.

“Sebelum hari H kami laksanakan gladi kotor sekaligus gladi bersih serta melihat apa saja kekurangan dari Calon Paskibraka (Capas) sehingga kami bisa benahi,” ungkap Ketua Tim Pelatih Paskibra, IPDA Sayid Taha kepada benuanta.co.id, Senin 15 Agustus 2022.

Sayid mengatakan, persiapan para Capas ini sudah mencapai 90 persen, dimana latihan tidak ada hentinya sejak 4 Agustus 2022 hingga saat ini. Lanjut Sayid, mendekati hari H untuk masa tenang akan tetap digunakan untuk latihan pemantapan.

“Kendala selama latihan hanya dari kondisi cuaca, memang beberapa hari ini temperatur suhu cukup tinggi,” tuturnya.

Terkait kondisi kesehatan yang memang menjadi perhatian para pelatih, ini yang perlu mendapatkan support. Ada yang fisiknya kuat dan ada juga yang masih lemah, ini akibat dari latihan seharian penuh.

“Namun dari tim kesehatan sudah menyiapkan vitamin makannya teratur dan tidak sembarangan, sehingga tidak ada apa-apa,” jelasnya.

Perwira yang berdinas di Direktorat Binmas Polda Kaltara ini menyebutkan jumlah anggota Paskibraka ada 40 yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 5 kabupaten/kota di Kaltara. Terdiri dari 17 orang pasukan pengiring dan 8 orang pasukan inti.

“Mereka ini ada di pasukan pengiring dan pasukan inti, sementara 45 orang lainnya sebagai pasukan pengawal berasal dari TNI Polri,” paparnya.

“Kami melatih capas ini dibantu oleh personel Polda ada 3 orang, Brigif ada 1 orang, Korem ada 2 orang, PPI ada 5 orang ditambah tim kesehatan,” tambahnya.

Untuk diketahui, pembawa baki pada tahun ini bernama Naili lahir di Malinau, 26 Desember 2005. Asal SMA 4 Malinau anak dari Bapak Mawe dan Ibu Dolvina Yukung.

Komandan Kelompok (Danpok) Pasukan 17 bernama Noor Akhmad Djunaidy lahir di Bunyu tanggal 7 April 2006 anak dari Bapak Syapril Tahir dan Ibu Mardiana bersekolah di SMAN 1 Tanjung Selor.

Pengibar bendera pertama bernama Devid Kuemba lahir di Tanjung Selor tanggal 14 November 2006, asal sekolah SMAN 1 Tanjung Selor, anak dari Bapak Jeffri Kuemba dan Ibu Olviawastuti Nain.

Kedua, bernama Richard Evianus Tobo lahir di Tarakan, 22 September 2005, anak dari Bapak Agustinus Tobo Randan dan Ibu Rifka asal sekolah SMA Hangtuah Tarakan.

Ketiga, bernama Agustinus Latuharhary, lahir di Ambon, 17 Februari 2006 asal sekolah SMAN 1 Sebuku.

Sementara, untuk Komandan Upacara bernama Kompol Erwin Syaputra Manik jabatan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Kaltara. Komandan Paskibraka bernama IPDA Muhammad Farhan Asyraf jabatan Pama Polda Kaltara. Sedangkan Perwira Upacara bernama AKBP Reza Pahlevi jabatan Wadir Lantas Polda Kaltara. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − four =