oleh

Geliatkan Ekonomi, BI Catat 24 UMKM Tarakan Kantongi Sertifikat Halal

benuanta.co.id, TARAKAN – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tarakan kian menggeliat. Perkembangan ini didorong dengan adanya pengembangan kompetensi yang disediakan oleh pemerintah. Seperti Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) yang terus komitmen membina UMKM.

Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Managemen Intern BI Kaltara, Dodi Hermawan, menjelaskan pelatihan kompetensi juga sebagai bentuk langkah pengembangan UMKM.

“Ini (pelatihan) merupakan bentuk keahlian selain dari pendidikan formal, ya ini bekal lah peningkatan kompetensi ini menjadi bekal yang baik untuk berwirausaha,” jelas Hermawan, Senin (15/8/2022).

Saat ini tercatat ada 32 UMKM yang sudah dibina. Dodi melanjutkan, pengasahan keterampilan dari UMKM juga menjadi fokus BI.

“Makanya kami selama ini terus memberikan pelatihan khususnya sistem jaminan halal kepada UMKM binaan kami dengan harapan mereka dapat menjadi pengusaha tangguh,” katanya.

Mayoritas sektor UMKM yang dibina BI Kaltara yaitu food and beverage. Tak hanya pelatihan, terdapat pula jaminan sertifikasi halal yang juga difasilitasi oleh BI. Tercatat, dari total 32 UMKM sudah ada 24 UMKM yang telah tersertifikasi halal.

“Pegiat UMKM wajib mengantongi pelatihan sertifikasi jaminan halal (SJH) yang dilakukan Bank Indonesia yang setiap tahun secara gratis. Apalagi, UMKM saat ini terus meningkat. Ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang terpajang dibeberapa titik kota Tarakan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nineteen − 17 =