oleh

Dapat Lahan di KBM, Pengadilan Tinggi Kaltara Diperkirakan Berdiri Tahun Ini

benuanta.co.id, BULUNGAN – Tidak lama lagi, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan berdiri badan peradilan yang baru, yakni Pengadilan Tinggi (PT) Kalimantan Utara. Hal ini lantaran sejak lahirnya Provinsi Kaltara sampai saat ini banyak persidangan pada tingkat atas sidangnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Selor, Jan Oktavianus menuturkan pendirian PT Kaltara saat ini tengah berproses, tahun inipun lahannya telah dilakukan peninjauan. Kata dia, mudah-mudahan dalam waktu dekat sertifikat lahan dari PT Kaltara sudah jadi.

“Jadi ini on progres akan berdiri Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara,” ucapnya kepada benuanta.co.id, kemarin.

Oktavianus mengatakan, setelah sertifikat sudah ada, nantinya langsung ada proses pembangunan sembari menunggu anggaran dari Mahkamah Agung (MA), yang sebelumnya telah ditindaklanjuti oleh MA.

“Rencananya akan ada kantor sementara operasional PT Kaltara sambil menunggu gedungnya jadi. Kami sudah survei dan meninjau lokasi gedung semetara maupun lahan yang akan dijadikan pembangunan PT Kaltara,” tuturnya.

Jan Oktavianus menyebutkan, untuk kantor sementara itu ada 2 sampai 3 calon. Namun dari MA belum menunjuk gedung mana yang akan ditempati sementara.

“Untuk kantor sementara ini kami telah ada penjajakan ke pemiliknya,” bebernya.

Dia menambahkan, lahan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kaltara seluas 5 hektare, lokasinya berada di kawasan kota baru mandiri (KBM) Gunung Seriang. Dimana saat ini sudah ada beberapa bangunan yang dibangun di KBM di antaranya gedung DPRD Kaltara.

“Kalau lahan kita itu di KBM seluas, 2,25 hektare sebenarnya 5 hektare namun dibagi 2 separuhnya untuk Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Utara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four − three =