Semarakkan HUT RI, Kesbangpol Nunukan Gaet Ormas Bagikan Bendera Merah Putih 

benuanta.co.id, NUNUKAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan mendukung gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat.

Bendera yang turut dibagikan kepada sopir angkot di Nunukan ini juga dipasang di seputar Makam Pahlawan Nunukan, Ahad 14 Agustus 2022.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1569 votes

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nunukan, Abdul Karim, mengatakan pihaknya turut mengandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Setidaknya ada 25 pemasangan bendera sang saka merah putih di seputar Makam Pahlawan Nunukan.

Baca Juga :  Pelabuhan Tunon Taka Diprediksi Sepi Penumpang pada Arus Mudik 2024

“Besok akan kita lanjutkan pembagian bendera di alun-alun Nunukan untuk supir angkot, kurang lebih 100 bendera. Sedangkan sumbangan dari teman ormas Itu nanti akan kita bagikan ke masyarakat yang membutuhkan,” kata Abdul Karim, kepada benuanta.co.id.

Maksud dari tujuan ini pembagian bendera tersebut untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme, terutama dalam simpul bingkai Tungal Ika yang harus dijaga.

Baca Juga :  Selama Januari-Maret, 46 Pekerja Migran Indonesia Kabur dari Malaysia lewat Krayan  

Selain itu, Ketua Forum kewaspadaan Dini Masyarakat, Abdul Kadir, turut mengapresiasi program pemasangan bendera 10 juta di seluruh penjuru Tanah Air. Terlebih di Kabupaten Nunukan memiliki beraneka ragam suku.

“Walaupun berbeda tapi harus tetap satu, tujuan menjaga NKRI di perbatasan,” jelasnya.

Ditambahkan anggota FKUB Nunukan, Alexander, berharap pemasangan umbul-umbul menyambut HUT RI ke-77 ini bisa dilakukan semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“Saya melihat masih ada beberapa rumah yang belum memasang bendera, kita harap mereka ini bisa memasang juga. Kita juga siap membantu membagikan bendera kecil merah putih kepada supir angkot besok,” terangnya.

Baca Juga :  Listrik Padam di Nunukan Disebabkan Monyet

Senada juga disampaikan Forum Pembauran Kebangsaan, Abdul Hamid, yang mengharapkan program ini bisa berlanjut dengan pemasangan bendera 10 juta di seluruh Indonesia, dan yang lebih utama adalah menjaga keutuhan NKRI diperbatasan.

“Pemasangan bendera ini harus kita galakkan dan tingkatkan lagi, karena pemahaman masyarakat kita sangat minim dengan kepedulian terhadap perjuangan para pahlawan kita di momen kemerdekaan seperti ini. Kami ajak masyarakat agar mau memasang bendera,” tandasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *