oleh

Sambut Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, Gubernur Zainal Optimis Fakultas Kedokteran UBT Dibuka 2023 

benuanta.co.id, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum menyambut baik kedatangan Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, Prof. Dr. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed di RSUD dr. H. Jusuf SK.

Kedatangan Prof. Dr. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Borneo Tarakan dan Persiapan Penetapan RSUD dr. H. Jusuf SK Menjadi Rumah Sakit Pendidikan.

Gurbernur Kaltara menjelaskan, komitmen Pemerintah Provinsi Kaltara tak henti-hentinya mendukung percepatan pembukaan Fakultas Kedokteran UBT.

“Kehadiran Prof. Dr. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed merupakan bentuk perhatian dan dukungan Konsil Kedokteran Indonesia atas pembukaan Fakultas Kedokteran UBT. Mari kita bersungguh-sungguh mewujudkan hadirnya pembukaan Fakultas Kedokteran UBT,” ungkap Gubernur Kaltara dalam sambutannya, Ahad (14/8/2022) sore.

SAMPAIKAN : Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum menyambut kedatangan Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, (FOTO : KRISTIANTO/BENUANTA)

Sejak 2021, Gubernur Kaltara bersama Rektor UBT Prof. Dr. Adri Patton, M.Si terus berupaya menempuh percepatan pembukaan Fakultas Kedokteran hingga ke kancah Kementerian Kesehatan, Kemendikbud dan Konsil Kedokteran Indonesia.

Gubernur merasa, berkat dukungan semua pihak pembukaan Fakultas Kedokteran ini terasa cepat. Apalagi hal ini sangat dibutuhkan untuk peningkatan layanan kesehatan di wilayah Kaltara.

“Saya berharap kepada OPD terkait, organisasi profesi dan seluruh stakeholder dapat bekerjasama agar cita-cita pembukaan Fakultas Kedokteran dapat diwujudkan,” sambung Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum.

Dihadapan Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, Walikota Tarakan, Rektor UBT dan seluruh dokter yang hadir, orang nomor satu di Kaltara itu mengajak berbagai pihak untuk mensukseskan pembukaan fakultas tersebut.

Zainal berharap, ke depannya Fakultas Kedokteran dapat melahirkan dokter-dokter yang kompeten, serta dapat memenuhi kebutuhan dokter di Kaltara, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kaltara.

“Hari ini merupakan komitmen bersama untuk mengakomodir pendidikan kedokteran khususnya di wilayah Kaltara melalui pembukaan Fakultas Kedokteran UBT yang bekerjasama dengan RSUD dr. H. Jusuf SK sebagai rumah sakit pendidikan,” terangnya.

Selain itu, salah satu progres Pemprov Kaltara bersama kabupaten/kota dan UBT, mulai menjajaki serta berkoordinasi dengan pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mempersiapkan lulusan peserta didiknya menempuh pendidikan kedokteran di UBT, 2023 mendatang.

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini, kita sudah mulai menerima mahasiswa Fakultas Kedokteran UBT. Kita harus serius, berlari dan berusaha bagaimana bisa diwujudkan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK yakni dr. Rustam Samsuddin atas petunjuk Gubernur Kaltara mengaku telah siap menyambut progres rumah sakit pendidikan guna mendukung pembukaan Fakultas Kedokteran UBT.

Pihaknya tak menampik bahwa kehadiran Ketua Konsil Kedokteran Indonesia sangat diperlukan dalam memberikan arahan serta persiapan menjadi rumah sakit pendidikan.

“Bangunan kita seluas 13 hektare, kita siap menjadi rumah sakit pendidikan dalam rangka mendukung percepatan Pembukaan Fakultas Kedokteran UBT. Kita akan mendukung segala persiapannya,” kata Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK yakni dr. Rustam Samsuddin dalam paparannya.

RSUD memastikan telah menyiapkan ruangan dan fasilitas khusus bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UBT.

“Mohon dukungannya dari Prof. Dr. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed di RSUD dr. H. Jusuf SK,” tutup Rustam.(adv) 

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

17 + 19 =