oleh

Cuaca di KTT Cenderung Alami Hujan Sedang dan Lebat

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Cuaca di sekitaran langit Kabupaten Tana Tidung (KTT) berpotensi alami hujan sedang-lebat. Hal ini berdasarkan dari prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Utara, stasiun Juwata Kota Tarakan.

Dari pantauan tim benuanta.co.id, KTT selama sepekan terakhir cuaca di KTT cenderung mengalami hujan ringan pada pagi dan sore hari dan cenderung hujan lebat pada malam hari.

Saat dikonfirmasi Prakirawan cuaca BMKG provinsi Kaltara, Muhammad Hermansyah,.S.tr mengatakan hal itu terjadi karena adanya perubahan sifat cuaca yang dipengaruhi oleh arah angin.

“Perubahan arah angin tenggara-barat daya sebabkan cuaca di sekitaran langit KTT cenderung mengalami hujan, karena letak geografis Wilayah KTT yang dekat dengan perairan,” kata Hermansyah, pada Minggu 14 Agustus 2022.

Sedangkan untuk sifat air pada daerah Laut dan Sungau, Hermansyah menjelaskan juga akan ikut terpengaruh dengan adanya gelombang setinggi, setengah meter hingga satu meter. Namun ia menambahkan kondisi gelombang seperti ini akan lebih cenderung terjadi pada malam dan pagi hari.

“Kecepatan arah angin Tenggara – Barat daya, ada sekitaran 2-12 knots dan hal inilah yang menyebabkan gelombang di waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

Meski sifat cuaca dan gelombang pada Laut belum berpotensi membahayakan, namun Hermansyah tetap menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati khususnya para nelayan.

“Nelayan pastinya sudah tahu akan hal ini, tapi tetap kita himbau untuk berhati-hati, karena perubahan cuaca ini tidak ada yang tahu,” bebernya lagi.

“Sedangkan untuk masyarakat di Daerah perbukitan juga kita minta untuk waspada akan adanya longsor, mengingat cuaca di KTT selama sepekan terakhir sering terjadi hujan,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × 3 =