oleh

Pemprov Sulsel Diminta Lobi Kemenpora untuk Kelanjutan Stadion Mattoanging

benuanta.co.id, Makassar – Hingga kini kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging Makassar masih menuai tanda tanya. Pasalnya pembangunan stadion bersejarah tersebut telah mengalami gagal tender sebanyak dua kali.

Persoalan lainnya yang menghambat pembangunan stadion itu lantaran terkendala anggaran.

Anggota DPRD Sulsel, Syamsuddin Karlos,
mengatakan bahwa Fraksi PAN secara tegas menekankan kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk melobi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk tambahan bantuan anggaran pembangunan Stadion Mattoanging.

“Saya kira pembangunan Stadion Mattoanging itu kalau mau selesai dengan stadion bertaraf
internasional (butuh anggaran besar), sementara kita tidak punya anggaran sebesar itu,” ujar Karlos saat ditemui di Kantor DPRD Sulsel, Rabu 10 Agustus 2022.

“Kalau hanya kita sisipkan Rp60 miliar mana bisa cukup. Sehingga saya kira Pemerintah
Provinsi Sulawesi Selatan ini perlu membangun komunikasi dengan pihak kementerian, untuk mendapatkan tambahan anggaran,” sambungnya.

Dengan kondisi itu, Karlos mengusulkan sebaiknya anggaran yang terbatas saat ini diperuntukkan terlebih dahulu untuk pembangunan Stadion Barombong, Makassar. Di mana stadion Barombong hingga kini masih terbengkalai, meski proses pembangunannya hampir rampung.

“Sehingga menurut saya Stadion Mattoanging ini dalam satu dua tahun ini masih berat. Sehingga kami dari fraksi PAN menyampaikan agar kiranya anggaran yang kecil ini diselesaikan dulu Stadion Barombong yang bisa dipakai teman-teman kita
pecinta bola. Diselesaikan itu dulu baru dibangun Stadion Mattoanging,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Sulsel ini.

Menurut dia, kekuatan anggaran yang dibutuhkan Stadion Mattoanging ini sangat besar karena dibangun dari awal, mengingat sudah rata dengan tanah. Berbeda dengan Stadion Barombong yang hanya direhabilitasi.

“Mana ada Rp60 miliar cukup untuk stadion, ini Stadion Mattoanging bukan untuk rehab, ini
bangun baru, ini anggarannya diusulkan untuk tahun depan,” ungkapnya.

Diketahui, kelanjutan Pembangunan Stadion Mattoanging Makassar hingga kini masih bergulir di Biro Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Setda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dispora Sulsel Andi Arwin Azis mengungkapkan, pihaknya telah melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tender Stadion Mattoanging.

“Untuk progres tender Stadion Mattoanging ini sesungguhnya pada 15 Juli 2022, Dispora Sulsel itu sudah mengirimkan surat permohonan untuk dilakukan pemilihan penyedia atau tender di PBJ,” ujar Kepala Dispora Sulsel Andi Arwin Azis, 4 Agustus 2022 lalu.

Bahkan, kata Andi Arwin, pihaknya menerima informasi bahwa proses review oleh Inspektorat Sulsel juga telah tuntas.

“Proses ini sudah kami kirimkan, dilengkapi dengan dokumen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tender, dan menurut informasi yang kami terima, proses riview nya juga sudah sementara berlangsung di PBJ dengan inspektorat secara simultan,” sambungnya.

Sementara Kepala Biro Barjas Asrul Sani menyampaikan, pihaknya tengah menunggu dokumen fisik dari inspektorat terkait hasil review dari inspektorat. “Dokumen fisiknya kami belum terima,” tuturnya.

Selain dokumen fisik dari inspektorat, kata Asrul, pihaknya juga menunggu legal opinion. “Kalau lengkap dokumen teknisnya kita anu (tayangkan di LPSE). Pada prinsipnya ada juga disebut legal opinionnya kita tunggu juga itu,” tambahnya.(*) 

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five × 3 =