oleh

Totok Imam Santoso, Pangdam Hasanuddin yang Baru, Pernah jadi Kodim Terbaik

benuanta.co.id, Makassar – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan rotasi terhadap pejabat tinggi. Kali ini, Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Totok Imam Santoso sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin yang baru.

Totok menggantikan Mayjen TNI Andi Muhammad yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Di mana Andi Muhammad memasuki masa pensiun Oktober 2022 mendatang.

Dalam rekam jejaknya, Totok Imam Santoso merupakan perwira tinggi di tubuh TNI yang memiliki karier mentereng. Dia pernah menjadi Kodim terbaik di Indonesia pada 2010 sebagaimana tertera di laman Wikipedia.

Totok juga diketahui pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Danpussernarmed Kodiklatad).

Lulusan Akademi Militer 1989 ini juga pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil periode 2020-2021. Totok juga merupakan seorang Perwira Tinggi andalan TNI yang berandil besar dalam terciptanya 450 jabatan baru untuk Kolonel, dan 300 jabatan baru Perwira Tinggi dalam tubuh Tentara Nasional Indonesia.

Begitupun dalam kemampuan Karya Tulis Militer, sering kali Totok menjuarai Lomba Karya Tulis Militer yang diadakan Sesko TNI.  Prestasinya semakin mentereng saat mengambil program doktoral. Totok Imam Santoso menulis disertasi berjudul Komunikasi Instruksional di Lembaga Pendidikan Menuju Center of Exelence (Studi Kasus di Lemdik Akademi Militer Magelang).

Mutasi jabatan Pangdam Hasanuddin ini tercantum dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dalam Keputusan Panglima itu total ada 113 perwira yang dimutasi.

Di sisi lain, Totok Imam Santoso tercatat memiliki riwayat pendidikan militer yang cemerlang. Pria kelahiran Magetan, Jawa Timur, 30 Mei 1968 ini menjadi lulusan terbaik Suslapa I, Suslapa II, Seskoad (2002), dan Sesko TNI (2012).

Tak hanya itu, ia juga mencatatkan prestasi gemilang dalam Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (Dikbangpes). Dia juga tercatat lulusan terbaik Suspa Intelpur, Tar Binlatsat, Sus Danyon Multi Corps, Suspa Intelstrat Tk I, Sus Dandim, dan Sus Danrem.(*) 

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nineteen − four =