Minim Anggaran, Perbaikan Ponton di Pelabuhan Kayan II Belum Bisa Maksimal

benuanta.co.id, BULUNGAN – Menjadi akses pintu masuk ke Kabupaten Bulungan, Pelabuhan speedboat Kayan II diminta agar terus dibenahi. Pasalnya, selama ini disoroti karena banyak fasilitas pendukung yang perlu pembenahan segera.

Menanggapi hal itu Pemerintah Kabupaten Bulungan pada tahun ini hanya mampu melakukan renovasi kecil-kecilan, pada pembahasan anggaran perubahan misalnya pelabuhan tersebut hanya dianggarkan sekitar ratusan juta saja.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1947 votes

“Anggarannya itu hanya Rp 200 juta, itu dalam rangka supaya di sana ada pengecatan, ada yang menyapu, memperbaiki kondisi lampu yang ada. Sudah saya koordinasikan dengan Dishub Bulungan,” ucap Bupati Bulungan Syarwani kepada benuanta.co.id, Ahad 7 Agustus 2022.

Dia mengatakan walaupun anggaran tidak seberapa, paling tidak ada penataan yang dapat diberikan. Salah satu juga yang tengah diupayakan agar parkiran yang ada dapat dimaksimalkan.

“Minimal lampu di tempat parkir itu disiapkan ketika ada kendaraan yang parkir malam,” bebernya.

Disinggung soal anggaran untuk perbaikan dermaga ponton pelabuhan, pihaknya masih mencari cara agar dapat diperbaiki. Dirinya menilai jika ponton ini sudah tidak representatif untuk terus diadakan di pelabuhan terpadat di Ibukota Kaltara ini.

“Mudah-mudahan pembiayaan untuk ponton ini bisa dipenuhi sesuai keuangan daerah. Targetnya memang itu bukan lagi menggunakan ponton tapi tangga trap, memang ini yang representatif dan awet tapi butuh pembiayaan yang besar,” tuturnya.

Sebelumnya pun Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan mengakui jika sarana dan prasarana di Pelabuhan Speedboat Kayan II masih kurang mendukung. Oleh karena itu untuk perbaikan pelayanan pun dinas ini telah meminta bantuan kepada Pemkab Bulungan.

“Sudah kita laporkan ke Pemkab Bulungan, pasalnya untuk sisi anggaran Dishub belum memadai,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Bulungan Hairul.

Hairul menjelaskan jika kewenangan untuk perbaikan aset adalah Pemkab, tugasnya hanya mengusulkan. Jumlahnya lumayan banyak hal itu semua demi mendukung kenyamanan penumpang dan pengunjung Pelabuhan Speedboat Kayan II.

“Dishub sudah mengusulkan beberapa item kepada Pemkab Bulungan untuk pengadaan barang tahun 2023, diantaranya tangga trap, karena kita tidak lagi menggunakan ponton karena rawan keropos,” ucapnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *