Wabup Nunukan: Jadi Anggota Pramuka Harus Siap dengan Tugas dan Tanggung Jawab

benuanta.co.id, NUNUKAN – Setelah membuka Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) di SMP Mutiara Bangsa, Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah langsung bergeser ke Pantai Marin melaksanakan pelantikan anggota saka bahari Lanal Nunukan angkatan 09, Sabtu (6/8/2022).

Ketua Panitia Pelantikan Saka bahari Lanal Nunukan Firmansyah mengatakan, total siswa yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 64 orang yang tersebar dari beberapa gudep yang ada di Nunukan dan Sebatik Barat

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2000 votes

Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menambah ilmu pramuka ke dalam jiwa. Kegiatan tersebut diselenggarakan setiap hari sabtu di Mako Lanal Nunukan sebanyak 30 jam.

Pelajaran yang diberikan sesuai aturan petunjuk penyelenggaraan satuan karya bahari, hingga mencapai syarat untuk dilakukannya pelantikan anggota saka bahari serta pelantikan latihan dasar.

Baca Juga :  267 Pelanggaran Selama Ops Ketupat Kayan di Nunukan

Sesuai tema kegiatan yaitu menumbuhkan jiwa kemaritiman di bumi perbatasan melalui saka bahari Nunukan. “Mereka sudah mengikuti pelatihan,” jelasnya

Terpisah, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan mengucapkan selamat kepada seluruh anggota pramuka yang baru dilantik.

Kehadiran Pramuka Saka Bahari Lanal Nunukan angkatan 09 ini akan makin melengkapi kiprah pramuka bagi masyarakat.

“Kita tahu bersama, sebagian besar wilayah Kabupaten Nunukan adalah lautan, sehingga saya percaya anggota-anggota pramuka saka bahari ini nantinya akan bisa memberikan karya-karya dan pengabdian terbaiknya bagi masyarakat,” ujar H. Hanafiah.

H. Hanafiah berpesan, agar anggota saka bahari Lanal Nunukan terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing agar memiliki benteng dan pertahanan diri yang kuat dari pengaruh-pengaruh buruk di sekeliling.

Baca Juga :  Lima Unit Motor Ikut Tenggelam Hanya Satu Dapat Dievakuasi

Tingkatkan kedisiplinan, kekompakan, jaga selalu harkat, martabat serta kehormatan pramuka dengan tingkah laku yang mulia. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tercela, karena itu hanya akan menodai dan menghilangkan jati diri sebagai anggota pramuka.

“Menjadi anggota pramuka bukan untuk disombongkan, atau hanya untuk gagah-gagahan saja, siap menjadi anggota pramuka artinya sudah siap dengan tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah,” tegasnya.

Dalam pramuka, siswa diharapkan bisa belajar banyak hal yang sangat berguna dalam kehidupan. Kepemimpinan, kekompakan, kedisiplinan, kemandirian tanggung jawab dan kerja keras adalah nilai-nilai luhur yang dapat diperoleh selama bergabung menjadi anggota pramuka.

“Mereka juga akan banyak dapat teman dan sahabat yang sama-sama memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap berbagai persoalan di tengah masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Imigrasi Masih Periksa Intensif WNA Pembawa Kosmetik Ilegal dari Malaysia

Selain itu, Wabup juga turut berterima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya dia juga disampaikan Kepada Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, yang telah memfasilitasi dan melakukan pembinaan terhadap anggota-anggota pramuka saka bahari di Kabupaten Nunukan.

Selain itu, Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto juga mengatakan, saka bahari ini adalah sesuatu kegiatan kepemudaan agar mereka memiliki bekal jika sudah berkeluarga, pekerjaan dan segala bidang.

“Kita akan memberikan pembelajaran bagaimana cara berorganisasi ke masyarakat, membentuk karakter dan mencari jati diri, disipilin, jika mereka bagus insya Allah ke depannya bangsa ini bisa akan maju,” ujarnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *