oleh

Sukses Panen Raya, Vamelia Ibrahim Dorong KWT Tana Tidung Buka Lahan Pertanian

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Ketua penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tana Tidung (KTT) Vamelia Ibrahim, lakukan panen raya perdana bersama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) di lahan percontohan pertanian KWT yang ada di Desa Tideng Pale.

Lahan percontohan pertanian seluas setengah hektare, diharapkan bisa menjadi contoh untuk lahan pertanian lainnya, yang akan digarap oleh KWT yang ada di setiap Desa KTT.

“Ini panen perdana kita dan alhamdulilah setelah kita mulai tanam pada bulan Mei kemarin sekarang hasilnya sudah bisa kita panen,” kata Vamelia Ibrahim, Kamis, 4 Agustus 2022.

Ia menambahkan meski terbilang kecil, namun jika dimanfaatkan dengan baik sebidang lahan, bisa menghasilkan mutu pertanian yang baik. Dimana hal ini akan sangat berpengaruh pada sektor ketahanan pangan yang ada di setiap Desa, di KTT.

“Meski lahan ini masih bersifat percontohan saja, tapi di dalamnya kita dapat menanam, jagung, terong, sayur-mayur, cabai, semangka dan pertanian lainnya,” ujarnya.

“Artinya tidak apa-apa kecil, tapi bisa bermanfaat besar bagi masyarakat dan pertanian ini bisa menjadi nilai ekonomis juga bagi kita semua,” ungkapnya.

Meski KWT sendiri bukan bagian langsung dari PKK. Namun karena banyaknya kader PKK yang menjadi bagian dari KWT ini, diharapkan juga bisa lebih memandirikan kaum perempuan yang ada di KTT.

“Sebagian besar anggota KWT ini merupakan kader PKK, sehingga hal ini bisa membuat kita kaum perempuan menjadi lebih produktif, baik dari hal pertanian, pemberdayaan industri dan lainnya semua bisa kita lakukan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, wanita yang juga merupakan isteri dari orang no satu di KTT ini juga, sangat mendorong para KWT yang ada di KTT, bisa membuat lahan pertanian di Wilayahnya masing-masing.

“Lahan percontohan tani kita bisa dikatakan sangat sukses, jadi setidaknya saya ingin agar lahan percontohan ini bisa diadopsi dan dikembangkan oleh setiap KWT yang ada di KTT,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 5 =