oleh

Ketua DPRD Malinau Ping Apresiasi Lomba Digelar Bawaslu Debat Antar Pelajar

benuanta.co.id, MALINAU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ping Ding mengapresiasi pelaksanaan lomba debat antar pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) se – Kabupaten Malinau, yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malinau.

Menurut wanita yang akrab disapa Ping itu, lomba debat bertemakan Pemilu seperti ini secara tidak langsung sudah memberikan pengajaran dan wawasan terhadap peran pelajar terhadap Pemilu.

“Inikan mereka merupakan calon pemilu pemula, sehingga dengan adanya lomba debat ini membuat para pelajar lebih paham dengan makna pemilu,” kata Ping, saat dihubungi pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Makna Pemilu yang diharapkan dapat dipahami oleh para pelajar ini, ialah para pemilih pemula menjadi tidak bersikap apatis dan paham akan figur yang akan mereka pilih.

“Artinya suara mereka tidak akan terbuang sia-sia, mereka paham akan Pemilu paham akan fungsi mengawasi Pemilu dan paham akan figur terbaik yang akan mereka pilih nantinya,” ujarnya.

Disisi lain orang nomor satu di DPRD Malinau itu juga sangat menginginkan, kalau para pelajar yang mengikuti lomba debat bertema Pemilu ini, nantinya dapat menjadi pelopor bagi para pelajar lain untuk berperan aktif dalam berjalannya Pemilu.

“Mereka berperan sebagai pengawas pelanggaran Pemilu dan berperan sebagai aset bangsa dengan menyuarakan suaranya kepada figur pilihannya,” lanjutnya.

“Apalagi mereka ini merupakan pemilih pemula yang suaranya sangat mempengaruhi berjalannya Pemilu,” terangnya.

Dalam berjalannya lomba debat kali ini juga, Ping berpesan agar para peserta lomba dapat bersaing dengan sportif, serta dapat mengambil makna yang ingin ditanamkan oleh Bawaslu dari lomba debat ini.

“Jadi, meski ketika lomba debat ini sudah berakhir, mereka sudah dapat memahami kalau mereka merupakan aset bangsa yang perannya sangat diharapkan ketika berjalannya Pemilu,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen + seventeen =