oleh

Gerakan Pencanangan Minum Tablet Tambah Darah

BERAU – Pemkab Berau melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Pencanangan Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) pada Remaja Putri atau Gertife Rematri, di Balai Mufakat, Kamis (4/7/2022) .

Pencanangan juga dirangkaikan seminar gizi seimbang dan pentingnya minum tablet FE untuk remaja putri pada Hari Anak Nasional, serta pelantikan anggota Saka Bakti Husada.

Asisten I Setda Berau, M. Hendratno menyampaikan apresiasi atas terlaksananya gerakan pencanangan ini. Menurutnya, semua kelompok usia bisa terkena anemia.

Kendati demikian, anemia pada remaja putri tentu akan berdampak jangka panjang. Ketika menjadi ibu hamil, akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin.

“Disini tentu memiliki potensi terjadinya komplikasi kehamilan dalam persalinan, dan resikonya adalah kematian ibu dan anak,” ujarnya menjelaskan.

Disampaikannya, dilatari hal tersebut untuk itu pemerintah melaksanakan suatu intervensi spesifik yaitu berupa program suplementasi tablet tambah darah pada remaja putri.

“Ini dimulai sejak tahun 2014, dan sebagai upaya pencegahan stunting dan penyakit lainnya,” terangnya.

Hal ini pun telah diatur dan diproyeksikan pada Perpres nomor 72 Tahun 2021, yang secara jelas menyebutkan bahwa target presentasi remaja putri yang mendapatkan tablet tambah darah tahun 2024 adalah 58 persen.

“Saya mendorong agar segenap pihak dapat turut mensukseskan gerakan TTD ini. Agar melindungi remaja putri di Berau dari segala penyakit yang dapat dicegah dan diamati. Artinya lebih baik mencegah daripada mengobati,” katanya.

Di kesempatan itu, ia juga mengajak agar menguatkan kolaborasi dan kerjasama untuk mengajak masyarakat, orang tua dan guru untuk memberikan tablet tambah darah bagi remaja putri usia 12-18 tahun. Dengan melaksanakan program ini disetiap kampung, agar peningkatan derajat kesehatan dapat terwujud secara adil dan merata.

“Yang selaras dengan komitmen Pemkab Berau untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang cerdas, sejahtera dan berbudi luhur. Juga memastikan kualitas kesehatan remaja putri dan anak-anak yang kelak akan melahirkan generasi penerus,” tandasnya. (*)

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × five =