oleh

Bawaslu KTT Persiapkan Pelajar untuk Tampil di Lomba Tingkat Provinsi

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Tidung (KTT) akan mempersiapkan bimbingan serta akomodasi untuk juara 1 lomba debat antar pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) yang diselenggarakan oleh Bawaslu KTT beberapa waktu yang lalu.

Juara I lomba debat bertema Pemilu dan Demokrasi ini nantinya, akan mewakili KTT dalam lomba debat antar pelajar SMA dan SMK se-Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang akan digelar oleh Bawaslu Kaltara.

“Bimbingan atau seminar dari kita di Bawaslu daerah tentu harus ada, apalagi pelajar kita di KTT ini baru pertama kali ini kompetesi lomba debat seperti ini,” kata Ketua Bawaslu KTT, Chaeril saat ditemui benuanta.co.id, Jumat 5 Agustus 2022.

Melihat banyaknya persiapan yang harus dilakukan sebelum lomba debat antar pelajar SMA/SMK, se- provinsi ini dibuka. Chairil ingin agar pihak sekolah dapat memberikan kelonggaran terhadap pelajar yang akan mewakili KTT dalam lomba debat.

“Kelonggaran yang dimaksudkan di sini pihak sekolah juga memberikan para pelajar waktu untuk kita ajarkan atau didik sebagai persiapan mereka,” ujarnya.

Baik persiapan mental, penambahan wawasan debat serta trik debat nantinya akan diberikan oleh Bawaslu KTT. Namun untuk akomodasi peserta dalam lomba debat nantinya akan ditangung oleh pihak Bawaslu Provinsi.

“Jadi Bawaslu daerah hanya sebagai pengantar saja, sedangkan untuk akomodasi perjalanan dan penginapan peserta, Bawaslu provinsi lah yang akan mempersiapkannya,” ungkapnya.

Sedangkan waktu pelaksanaan lomba debatnya sendiri, Chairil mengaku belum mengetahui secara pasti, mengingat Bawaslu di daerah lain juga masih memulai lomba debat antar pelajar.

“Ketika semua Juara di masing-masing daerah ditentukan, baru lomba debat di provinsi dimulai dan saat ini proses lomba debat di daerah lain masih berjalan,” bebernya.

“Setelah itu nantinya juara I dalam lomba debat se-provinsi, akan mewakili Kaltara untuk lomba debat se – Nasional yang akan digelar oleh Bawaslu RI,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × five =