oleh

Dua Siswa Asal Nunukan Terpilih Sebagai Cadangan Paskibraka Nasional

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dua Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Kabupaten Nunukan terpilih sebagai anggota cadangan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Upacara Peringatan HUT ke 77 RI di tingkat Nasional pada 17 Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Nunukan, Hj. Rina Dwi Julianti yang mengatakan dua siswa asal Nunukan terpilih sebagai cadangan Paskibraka Nasional perwakilan Provinsi Kaltara yakni Agustinus Latuharhary (16) dengan tinggi 178 cm, asal sekolah SMAN 1 Sebuku dan Batildis De Maria (16), tinggi 168 cm, asal sekolah SMAK Frateran Santo Gabriel Nunukan.

“Siswa kita hanya lulus sebagai cadangan di nasional, yang berhasil lolos menjadi paskibraka di tingkat nasional tahun ini berasal dari Kabupaten Tana Tidung yakni Yaffa Irwaila Farizah dan Hizkia Kevin Manullang asal Kota Tarakan,” ujar Rina kepada benuanta.co.id, Selasa (2/8/2022).

Rina menyampaikan, untuk persyaratan Paskibraka di tingkat nasional, syarat untuk tinggi laki-laki yakni minimal 170 cm dan 160 cm untuk wanita. Kedua siswa asal Nunukan yang menjadi cadangan di Nasional tersebut tidak lolos masuk inti disebabkan oleh sejumlah tes yang dilakukan.

“Untuk Batildis tidak lolos karena alasan fisik saat seleksi PBB (peraturan baris-berbaris) jadi waktu seleksi PBB, Batildis sempat istirahat karena kurang fit,” katanya.

Dijelaskannya, karena tes tersebut merupakan seleksi di tingkat nasional, sehingga selain tinggi badan, daya tahan tubuh juga menjadi salah satu penilaian utama. Sedangkan untuk siswa Agustinus juga tidak lolos karena faktor kesehatan yakni tekanan darahnya yang tinggi.

Untuk proses seleksinya, Rina menyampaikan bahwa dilakukan secara bertahap yakni seleksi antar sekolah di kecamatan untuk menjadi Paskibraka Kabupaten, lalu dilakukan seleksi lagi antar kabupaten/kota untuk menjadi Paskibraka Provinsi kemudian setelah itu dilakukan seleksi lagi untuk tingkat Nasional.

“Jadi kedua siswa ini meski sebagai cadangan Nasional mereka tetap akan bertugas sebagai paskibraka di tingkat provinsi bersama 7 siswa lainnya, jadi total ada 9 siswa asal Nunukan yang terpilih untuk bertugas di Provinsi Kaltara 17 Agustus mendatang.” ungkapnya.

Sementara itu, Agustinus Latuharhary mengatakan meski hanya terpilih sebagai cadangan anggota Paskibraka Nasional namun bahwa selalu siap jika  semisal diminta untuk bertugas menggantikan anggota Paskibraka Nasional perwakilan Kaltara yang berhalangan.

“Saya siap selalu untuk bertugas, jika nanti diminta untuk bertugas di Istana Negara nantinya.” Ujar Agus kepada benuanta.co.id, Senin (1/8/2022).

Meski hanya terpilih sebagai cadangan, Agustus tetap merasa bangga karena dirinya tetap bakalan bertugas sebagai paskibraka di Provinsi Kaltara. Saat melakukan tes tekanan darah tinggi di tingkat Nasional, tekanannya mengalami kenaikan yakni 140 mmHg.

“Sewaktu masih disini tensi saya normal 120 mmHG, setelah di tes di tingkat Nasional naik makanya saya tidak lolos karena itu,” katanya.

Anak pertama dari dua orang bersaudara ini mengungkapkan, terpilihnya sebagai anggota Paskibraka merupakan suatu perjuangan yang tidak mudah bahkan setelah lulus SMA ini, Agus ingin mendaftarkan diri sebagai Anggota Polri untuk mengabdi kepada Bangsa dan Negara. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × four =