Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Bulungan Ajak Petani Panca Agung Tanam Padi dan Jagung

benuanta.co.id, BULUNGAN – Tingkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bulungan dengan memanfaatkan lahan pertanian yang cukup luas. Kodim 0903 Bulungan bersama Pemerintah Kabupaten Bulungan dan perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT CSL melakukan penanaman padi dan jagung secara perdana di Desa Panca Agung Kecamatan Tanjung Palas Utara.

Komandan Kodim 0903 Bulungan Kolonel Inf Akatoto mengatakan tanam perdana padi dan jagung, bertujuan untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1578 votes

“Selain itu meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian tersedianya logistik wilayah sesuai agar dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara,” ucap Kolonel Inf Akatoto kepada benuanta.co.id, Selasa 2 Agustus 2022.

Baca Juga :  DKUKMPP Nunukan Kembali Gelar Pasar Murah di Lima Lokasi

Dia menjelaskan hasil penanaman padi dan jagung itu nantinya bisa menjadi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berawal hanya membuka lahan yang tidak begitu luas, namun berkat dukungan dari pemerintah daerah dan juga dari perusahaan sehingga pada tahap awal ini membuka 5 hektar.

“Kegiatan 2 hektare nanti ditanam jagung dan 3 hektare lagi kita tanami padi. Kita sama-sama bekerja dari dinas pertanian memberikan kemampuannya ataupun teknik-teknisnya masalah pertanian termasuk pendampingan dari PPL dan lain-lain dan dari petani yang mengerjakan kemudian kita dapat support nutrisi yaitu pupuk dari CSL,” jelasnya.

Dirinya berharap atas kerjasama multi sektoral ini dapat menghasilkan padi dan jagung yang maksimal. Tidak hanya itu dirinya menginginkan petani yang lain dapat ikut tergerak melakukan upaya seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Baca Juga :  Besok Pasar Murah Dibuka di Pasar Agathis, Pembeli Khusus Pemilik Kupon

“Kami berharap apa yang kita lakukan bisa dilihat dari petani-petani lain, harapannya inilah yang jadi pemicu dan penyemangat rekan-rekan petani. Bahwa potensi wilayah kita ini sangat luas sangat besar sehingga tergantung kita saja yang mau melakukan dan mengerjakannya,” tuturnya.

Akatoto mengharapkan kepada seluruh prajurit jajaran Kodim 0903 Bulungan memiliki kemampuan dalam membina ketahanan pangan kepada masyarakat di wilayah binaannya. Tak hanya itu harus memberikan contoh serta memotivasi seluruh masyarakat di wilayah binaan untuk meningkatkan pertanian dalam rangka membantu program pemerintah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bulungan, Ahmad Yani menjabarkan kegiatan itu, sebagai salah satu upaya meningkatkan produktifitas pertanian serta mensejahterakan masyarakat petani di Kabupaten Bulungan.

“Kita memiliki visi mewujudkan kabupaten bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera. Berdaulat pangan ini memiliki arti kemampuan memenuhi pangan melalui produksi lokal, kemudian melalui pangan dari hasil pertanian, kita berharap dapat memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bulungan,” ujar Ahmad Yani.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Mulai Bayarkan THR ASN

Kemudian visi tersebut didukung dengan adanya pembangunan kawasan perindustrian dan pelabuhan internasional (KIPI) di Tanah Kuning dan Mangkupadi. Untuk itu pihaknya berharap produk pangan lokal dapat menjadi pemasok utama bagi para pekerja di kawasan tersebut.

“Begitu pula dengan adanya pembangunan Ibukota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, di mana kita juga berharap dapat menjadi penyangga pangan ke daerah tersebut melalui hasil pertanian, peternakan hingga perikanan,” bebernya.

Hal ini bukan tidak mungkin, dia melanjutkan karena lahan yang dimiliki Kabupaten Bulungan ini masih cukup luas untuk dikembangkan sektor pertaniannya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *