Kemeriahan ‘Tebu Kayan’ Car Free Day ala Bulungan di Akhir Pekan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Berkonsepkan hari tanpa kendaraan atau Car Free Day (CFD), Pemerintah Kabupaten Bulungan secara kontinu akan memanfaatkan hari minggu sebagai waktu untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti senam bersama dan olahraga, kuliner, musik dan literasi.

Kegiatan itu bernama Tebu Kayan atau Tempat Berkumpul Kabupaten Sehat dan Layak Anak, berlokasi di Tepian Sungai Kayan atau di sepanjang Jalan Katamso di mulai dari Tugu Cinta Damai hingga landmark Tanjung Selor.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2020 votes

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan Tebu Kayan akan dilaksanakan setiap hari minggu, dimulai pukul 05.30 hingga 09.00. Di jam tersebut Jalan Katamso mulai dikosong dari aktivitas kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

“Hari ini baru permulaan dan Insya Allah di tanggal 7 Agustus 2022 puncaknya akan dilaksanakan Peringatan Hari Anak Nasional yang ada di Bulungan, kita buka mulai pukul 6 hingga pukul 11,” ucap Syarwani kepada benuanta.co.id, Ahad 31 Juli 2022.

Kata dia, selain berjalan santai tanpa kendaraan, juga dapat mengurangi dampak polusi. Bahkan di sepanjang jalan yang diterapkan CFD dimeriahkan oleh pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM).

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara
MERIAHKAN: Warga Bulungan yang tengah memeriahkan Tebu Kayan di sepanjang Jalan Katamso.

“Tanggal 7 Agustus juga kami ingin seluruh komunitas berpartisipasi. Tebu Kayan ini juga akan kita gelar setiap minggunya,” bebernya.

“Rute Tebu Kayan ini dari Tugu Cinta Damai menuju ke simpang 3 Masjid Al Inayah atau landmark Tanjung Selor itu kurang lebih 1.400 meter,” tambahnya.

Untuk perluasan kawasan Tebu Kayan, tahap awal adalah sosialisasi, tapi tidak menutup kemungkinan jika menjadi event rutin maka lokasinya dapat diperluas dan dipindahkan. Syarwani menuturkan jika Tebu Kayan ini fleksibel, spotnya dapat digeser.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

“Saya sudah minta Kadispora dan teman-teman OPD lainnya untuk mensosialisasikan Tebu Kayan ini,” paparnya.

Untuk diketahui selama Tebu Kayan berlangsung pengendara akan dialihkan ke Jalan Semangka yang melalui Jalan Sengkawit dan Jalan Pahlawan. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *