oleh

Pemkab Berau Didapuk Jadi Tuan Rumah Rakor JIG Daerah se-Kaltim

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIG) atau Satu Data Indonesia se-Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2022. Kegiatan ini digelar di ruang Rapat RPJPD Bapelitbang Berau yang diikuti seluruh kabupaten/kota se-Kaltim, Kamis (28/7/2022).

Hadir dan membuka kegiatan Rakor tersebut Kepala Bappeda Kaltim yang juga merupakan Plt. Asisten II Provinsi Kaltim, Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, MM.

Dalam sambutannya Aswin mengatakan kebutuhan akan suatu data kini dirasakan sangat penting, geospasial memiliki peran penting dan strategis yang kuat untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Kegiatan ini juga sangat berperan salam mensukseskan program nasional, yaitu implementasi pelaksanaan satu data indonesia dan jaringan informasi gesopasial nasional untuk meningkatkan tata kelola data spasial dan non spasial bagi daerah,” ujarnya.

Jaringan Informasi Geospasial merupakan sebuah sistem penyelenggaraan pengelola informasi Geospasial secara bersama, tertib, terukur, terintegrasi dan berkesinambungan serta berdaya guna.

JIG dirasakan perlu sebagai sebuah simpul jaringan yang nantinya menjadi sebuah kumpulan data yang terstruktur, akurat, mutahir serta berkelanjutan untuk menghadapi modernisasi dalam pengelolaan pembangunan daerah yang memiliki integritas terhadap lintas sektor.

Bupati Berau Sri Juniaraih Mas yang hadir dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi dengan adanya percepatan atau optimalisasi program JID ini. Sehingga ia berharap ke depannya akan terstruktur sebuah data spasial dan non spasial yang bisa dimanfaatkan untuk upaya pembangunan jangka panjang.

“Optimalisasi data Geospasial ini juga bisa menjadi sebuah data Geo Ekonomi yang mencerminkan nilai ekonomi di suatu kawasan, dan nilai ekonomi kawasan akan dapat diterjemahkan dalam nilai penerimaan PAD,” pungkasnya. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

17 + 14 =