oleh

KPU Berau Sosialisasikan PKPU Nomor 4 Tahun 2022

BERAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Berau, Ir. Muhammad Ghazali bersama Staf Ahli Bidang Keuangan dan SDM, Jaka Siswanta menghadiri Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau.

Sosialisasi ini tentang pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan anggota DPR dan DPRD tersebut dilangsungkan di Ballroom Hotel Exclusive, Kamis (28/7/2022).

Peraturan KPU tersebut menjadi payung hukum sebagai panduan dalam proses pendaftaran parpol yang akan dimulai pada Agustus mendatang sehingga pemilu 2024 dapat berjalan sesuai jadwal.

Ketua KPU Budi Harianto mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini sejatinya agar tersampaikan khususnya pada partai politik yang akan menjadi peserta nantinya.

Dijelaskannya, sesuai dengan tahapan pada 14 Juni lalu, maka selanjutnya tanggal 1 hingga 14 Agustus akan dimulai tahapan pendaftaran verifikasi partai politik.

Semua kegiatan dan pendaftaran dilakukan ditingkat pusat, yaitu KPU RI. Sedangkan verifikasi dan administrasinya di Kabupaten kota.

“Di sini kami membantu dan memastikan bahwa apa yang diupload parpol di aplikasi sudah sesuai dengan data administrasi keanggotaan parpol,” ujar Budi Harianto.

Lanjut Budi, pada 15 Oktober mendatang KPU kabupaten kota akan melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan parpol, termasuk alamat kantor, serta keanggotaan parpol.

Ditegaskan Budi, ini merupakan tugas KPU Berau bersama Bawaslu yang nanti akan turun melakukan pengawasan.

Ia juga mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan parpol. Misalnya, terkait dengan keanggotaan harus betul-betul dipastikan agar keanggotaan sudah terdaftar di daftar pemilih berkelanjutan. Yang mana data pemilih berkelanjutan ini dimutakhirkan setiap bulan. Diketahui, sampai bulan Juni ini ada sekitar 162 ribu di Kabupaten Berau.

“Ini yang kami tekankan agar menjadi perhatian parpol. Serta data di KTA dan KTP harus benar-benar sesuai yang di upload pada Sipol KPU,” tandasnya. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 4 =