Pererat Tali Persaudaraan dengan Suku Tidung Malaysia, Bupati KTT Gelar Pertemuan Adat Bersama

benuanta.co.id TANA TIDUNG – Pererat tali persaudaraan dengan masyarakat suku Tidung luar daerah, Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Ibrahim Ali, gelar kegiatan silaturahim adat istiadat bersama dengan masyarakat suku tidung luar daerah.

Tak tanggung-tanggung, kepala daerah yang akrab disapa Ibrahim itu juga bahkan mengundang lembaga adat Tidung yang berasal dari Malaysia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Selain mempererat tali persaudaraan sesama masyarakat tidung, saat dikonfirmasi Ibrahim mengatakan kalau kegiatan ini juga merupakan ajang tukar-menukar budaya dan adat istiadat suku tidung.

“Suku tidung tentunya memiliki ciri khas adat istiadat yang unik dan berbeda khususnya untuk adat istiadat suku tidung yang ada di Malaysia dan di acara inilah kita saling bertukar adat istiadat untuk saling mengenal lebih jauh,” kata Ibrahim Ali pada Kamis, 21 Juli 2022.

Ia juga menambahkan nantinya, forum ke masyarakat suku Tidung yang ada di setiap daerah, nantinya akan diaktifkan kembali. Termasuk membentuk forum masyarakat suku tidung antarnegara.

“Bisa jadi forum Nasional atau Internasional, karena suku tidung yang tergabung nanti ada yang dari lembaga Malaysia dan Filipina,” tambahnya.

“Tapi prosesnya harus bentuk yang ada di Daerah dulu dan nanti tahapan-tahapan AD/RTnya kita jalani, baru kita mulai proses pembentukannya,” ujarnya.

Orang nomor satu di KTT itu juga mengungkapkan kalau dirinya bersama dengan tokoh masyarakat suku Tidung, nantinya akan menggelar musyawarah akbar suku Tidung, bersamaan dengan acara pesta adat Irau di bulan Oktober.

“Yang kita undang itu nanti semua lembaga ada suku Tidung yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, termasuk lembaga adat suku Tidung yang ada di Malaysia dan insyallah musyawarahnya akan kita lakukan berdekatan dengan pesta adat Irau,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *