oleh

Bupati Luncurkan Sistem BLUe dan Aplikasi SiBooKIR

Dishub Wujudkan Mutu Pelayanan Elektronik Pengujian Kendaraan Bermotor

TANJUNG REDEB – Inovasi dan terobosan terus dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau untuk mempermudah pemilik kendaraan mendapatkan pengurusan administrasi melalui sistem elektronifikasi dan online.

Upaya ini diwujudkan melalui peluncuran pengujian kendaraan bermotor berbasis Bukti Lulus Elektronik (BLUe) dengan sistem pembayaran retribusi non tunai dengan Aplikasi Booking KIR atau SiBooKIR.

Peluncuran BLUe ini dilakukan secara resmi dilakukan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, pada Senin 17 Juli 2022, di Kantor UPT Dinas Perhubungan Berau.

Bupati Sri Juniarsih menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dishub Berau yang telah mewujudkan sistem pelayanan ini.

Menurutnya, ini juga sebagai wujud konsistensi dan keseriusan dalam memaksimalkan kinerja dan peningkatan mutu pelayanan pada bidang pengujian kendaraan bermotor.

“Tentu sistem dan aplikasi ini memiliki sejumlah manfaat, seperti otentikasi data dengan manajemen yang terintegrasi. Keaslian dokumen juga sangat terjamin dan data hasil ini dapat diakses di seluruh Indonesia,” ujar Bupati Sri Juniarsih.

Disamping itu pelayanan yang diberikan instansi ini akan menjadi transparan, akuntabel, efesien dan efektif. Sekaligus meningkatkan kepuasan kepada masyarakat sebagai penerima pelayanan.

Sri Juniarsih juga meyakini, progam elektronifikasi ini memberikan dampak yang sangat positif bagi tata kelola pemerintahan daerah.

Usai melakukan peluncuran aplikasi BLUe, Bupati Sri Juniarsih bersama Kadishub Berau, Andi Marawanggeng dan manajemen Bankaltimtara meninjau ruang pelayanan serta gedung pengujian kendaraan bermotor.

Di gedung pengujian kendaraan bermotor, bupati melihat proses pengujian mulai dari emisi kendaraan, penerangan, hingga bobot kendaraan yang terkoneksi melalui sistem komputerisasi. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × 2 =