Memiliki Kesamaan Tugas, DPRD Harapkan ORI Kaltara Lakukan Kerjasama dengan Semua Pihak

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat kehormatan, pasalnya kantor DPRD Kaltara terpilih menjadi lokasi dilaksanakannya serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Kaltara pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Ketua DPRD Kaltara Albertus Stefanus Marianus mengatakan selamat atas sertijab Kepala Perwakilan ORI Kaltara yang telah memilih DPRD Kaltara sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2023 votes

“Kami ucapkan terimakasih banyak atas kepercayaan terhadap lembaga terhormat ini sebagai tuan rumah pelaksanaan sertijab,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Sabtu 16 Juli 2022.

Baca Juga :  BMKG Tanjung Harapan : Waspada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat

Dia mengatakan ORI merupakan lembaga negara yang melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Termasuk mengawasi kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD).

“Selain itu pengawasan juga dilakukan di sektor swasta yang memiliki tugas menyelenggarakan pelayanan publik,” tuturnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menjelaskan tugas ORI Kaltara tidaklah ringan, sehingga secara lembaga harus banyak melakukan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan.

Baca Juga :  Siaga SAR Khusus Lebaran 2024, Terdapat Satu Kejadian Menonjol

“Di samping itu harus banyak membangun jaringan kerja dengan banyak pihak serta melakukan upaya pencegahan mal administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” ujarnya.

Tugas ORI Kaltara semakin berat dengan kondisi geografis setiap daerah di Provinsi Kaltara yang sangat luas. Bahkan akses transportasi dan komunikasi ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman, sangat sulit.

Untuk itu pihaknya meminta ORI Kaltara tetap melakukan tugas untuk menindaklanjuti setiap laporan dan pengaduan masyarakat. Seperti yang dilakukan DPRD Kaltara kerap melaksanakan investigasi langsung di lapangan terhadap laporan dan pengaduan masyarakat yang masuk.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Saya kira tugas yang diemban oleh Ombudsman memiliki kesamaan yang diemban oleh DPRD. Dimana DPRD sering menerima laporan dan pengaduan masyarakat dan langsung melakukan investigasi ke lapangan,” paparnya.

Albertus Stefanus mengatakan berapapun besarnya tantangan yang dihadapi tetap harus di hadapi dengan penuh tanggungjawab. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *