Momen Idul Adha, Bupati KTT Kurban 2 Ekor Sapi

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung bakal mengalokasikan 20 ekor sapi kurban pada perayaan hari idul adha 1443 Hijriah tahun ini.
Alokasi 20 ekor sapi itu dimaksudkan agar masyarakat Tana Tidung dapat menikmati secara merata momen Idul Adha.

Penyaluran puluhan sapi tersebut melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tana Tidung yang nantinya disalurkan ke setiap masjid yang ada di 5 Kecamatan Tana Tidung.

“Sapinya sudah ada dan sudah kita tempatkan di masing-masing Masjid dan Musholah yang ada menyebar di 5 Kecamatan,” kata Ketua PBHI Tana Tidung, Idham Nur kepada benuanta.co.id pada Minggu, 10 Juli 2022.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

Pria yang akrab disapa Idham itu menjelaskan, bahwa rata-rata sapi dipesan dari luar Tana Tidung. Hal itu dikarenakan harus menyesuaikan anggaran dengan kriteria bobot hingga jumlah sapi yang sesuai dengan standar PBHI.

“Rata-rata bobot sapi kurban kita ada di kisaran 80 kg, bobot untuk di KTT masih kurang sehingga sebagian besar sapi harus kita ambil dari luar daerah,” jelasnya.

“Tapi ada juga sapi yang kita beli langsung ke peternak KTT, seperti misalnya sapi yang ada di Kecamatan Tana Lia,” tambahnya.

Sedangkan untuk jumlah sapi yang disalurkan di masing-masing rumah Masjid, Idham membeberkan kalau jumlah penyaluran akan disesuaikan dengan jumlah penduduk di wilayah masing-masing Masjid. Dimana ada yang mendapatkan dua sapi dan ada juga yang satu sapi.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

“Jika warganya banyak maka sapinya akan kita kurban dua ekor tapi kalau kurang banyak, hanya satu ekor saja. Artinya kita menyesuaikan jumlah warga,” bebernya.

Ia menambahkan, dari 20 ekor sapi yang dialokasikan, dua  diantaranya merupakan sapi kurban dari bupati KTT, Ibrahim Ali secara pribadi.

“Ada dua sapi dari pribadi pak bupati dan satu sapi kita potong di Masjid agung Tideng Pale dan satu ekornya lagi kita potong di Masjid Darul Ibad, Tana Lia dengan masing-masing berbobot lebih dari 100 Kg,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

Sementara itu, Bupati KTT Ibrahim Ali mengatakan kalau momen perayaan Idul Adha ini, harus dijadikan momentum untuk umat islam bisa saling berbagi melalui kegiatan kurban.

“Kurban inikan merupakan suatu kewajiban umat islam, bagi yang mampu melakukannya ya harus berkurban dan ayo kita jadikan momen ini untuk kita saling berbagi dan saling berbahagia antar sesama,” tukasnya. (*)

Reporter: Osarade
Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *