oleh

Pemkab Apresiasi Deklarasi Pembentukan APSAI Berau

TANJUNG REDEB – Pembukaan sosialisasi dan deklarasi Para Pihak dan pembentuk kepengurusan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) di Kabupaten Berau berlangsung Selasa 5 Juli 2022.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Berau, M Hendratno di ruang pertemuan rapat Sangalaki.

Melalui sambutan tertulis, M. Hendratno menyampaikan konvensi hak anak oleh PBB 1989 telah diratifikasi di Indonesia melalui surat Keppres No 36 Tahun 1990 dan UU No 35 Tahun 2014, tentang perlindungan anak yang ditunaikan melalui kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Dijelaskannya, ada 5 aspek yang perlu dipenuhi. Seperti hak sipil dan kebebasan, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kegiatan kebudayaan dan perlindungan khusus.

Ini dalam rangka melindungi anak sebagai generasi penerus bangsa sekaligus implementasi peraturan pemerintah RI No 25 Tahun 2021, tentang kebijakan Kabupaten Layak Anak.

Hendratno menegaskan, Pemkab Berau berkomitmen secara kuat untuk melakukan percepatan KLA. Ini dilakukan melalui berbagai langkah, mulai dari dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati Berau No. 185/2016 tentang pembentukan gugus tugas menuju KLA.

Disisi lain, juga melaksanakan kegiatan pembinaan terpadu. Seperti program sekolah anak dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan demi terwujudnya Berau sebagai layak anak.

Deklarasi yang digelar hari ini menurutnya momentum penting untuk kepedulian dan partisipasi seluruh komponen masyarakat Berau.

Untuk menjamin pemenuhan hak anak agar dapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi serta memperoleh jaminan keselamatan sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di lingkar tambang.

“Melalui ini saya meminta kepada pihak perusahaan, agar menjadikan keselamatan masyarakat dan anak sebagai prioritas. Berikan perhatian pada tumbuh kembang anak yang ada di sekitar area tambang dan mari bersama sama kita sukseskan program KLA,” ujar Asisten I Setda Berau.

Acara ditandai dengan pembacaan deklarasi para pihak, kemudian dilanjutkan penandatanganan dukungan deklarasi. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 − 9 =