Jamaah Haji Indonesia Mulai Tiba di Padang Arafah

Mekkah – Jamaah haji Indonesia mulai tiba di Padang Arafah di timur Kota Mekkah pada Kamis pagi waktu Arab Saudi untuk melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijah 1443 Hijriah.

Menurut Media Center Haji Kementerian Agama, jamaah dalam kelompok terbang 6 dari Embarkasi Lombok merupakan rombongan pertama dari Indonesia yang tiba di Arafah pada Kamis sekitar pukul 08.00 waktu Arab Saudi.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Setelah turun dari bus yang membawa mereka dari area pemondokan di Kota Mekkah, jamaah memasuki tenda-tenda di Maktab 1 sambil melantunkan talbiah.

Baca Juga :  Biden Peringatkan Netanyahu 'Berpikir Hati-hati' Sebelum Tanggapi Iran

“Alhamdulillah. Semua fasilitas sesuai harapan kami. Tidak ada kekurangan. Alhamdulillah. Ini Kenikmatan dari Allah,” kata Zaenal Muttaqien, anggota rombongan yang pertama tiba di Arafah.

Dalam setiap maktab ada delapan sampai sembilan tenda berukuran 10X25 meter yang dilengkapi dengan pasokan listrik, pendingin udara, kasur, dan bantal. Setiap tenda di maktab disiapkan untuk 234 orang.

Baca Juga :  PM Netanyahu; Israel akan Membalas Iran Dengan Bijak Bukan Emosional

Toilet untuk laki-laki dan perempuan disediakan di setiap maktab. Jumlah toilet di setiap maktab sudah diperbanyak menjadi 38 unit dari sebelumnya 21 unit. Selain itu ada tambahan toilet portabel untuk mengurangi antrean pengguna, khususnya di toilet perempuan.

Kepala Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah Mukhammad Khanif sebelumnya menjelaskan bahwa jamaah Indonesia diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah dalam tiga trip atau tahapan pada Kamis, trip pertama dari pukul 07.00 sampai 10.00, trip kedua dari pukul 10.00 sampai 14.00, dan trip ketiga dari pukul 14.00 sampai 17.00 waktu Arab Saudi.

Baca Juga :  AS Veto Pengajuan Palestina Sebagai Anggota Penuh PBB

Di pemondokan di Kota Mekkah, jamaah Indonesia sudah siap dengan perbekalan untuk menginap selama sekitar lima hari di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina sebelum berangkat ke Arafah.

Anggota jamaah Indonesia, yang umumnya membawa koper kecil atau tas gendong berisi pakaian dan makanan kecil, menunggu bus yang akan membawa mereka ke Padang Arafah di lobi hotel tempat mereka menginap di Mekkah.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar