Curi Empat Motor Sekaligus, Dua Pria Diciduk Polisi

benuanta.co.id, TARAKAN – Dua pria DN dan RG diciduk polisi dari Unit Jatanras Satreskrim Polres Tarakan lantaran menjadi pelaku pencurian motor pada 16 Juni 2022.

Kasat Reskrim Polres Tarakan IPTU Muhammad Aldi, menerangkan keduanya melakukan pencurian pada TKP pertama Jalan Sei Mahakam Kelurahan Kampung Empat, Jalan Lumpuran Kelurahan Kampung Satu, Jalan Sungai Berantas RT. 5 dan Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Pamusian.

“Ada beberapa cara yang dilakukan oleh kedua pelaku yang pertama dia memang memantau terlebih dahulu terhadap target-targetnya kemudian dia lihat ada motor, dibawa keluar dari daerah rumah korban,” bebernya kepada awak media, Senin (4/7/2022)

Baca Juga :  Sepanjang 2022, BPJS Ketenagakerjaan Tarakan Bayarkan Klaim Rp188,5 Miliar

Adapun cara kedua pelaku membawa lari motor hasil curian tersebut dengan menggunakan kunci T. Kasat Reskrim melanjutkan, terdapat modus atau cara lain dari pelaku untuk mengambil motor tersebut.

“Dia juga melihat kunci yang masih ada di motor tersebut, kemudian dibawa motornya keluar dari daerah itu dan dinyalakan dibawa pergi. Ada juga yang dia tahu bahwa itu motor tidak dikunci stang dibawa juga oleh pelaku,” sebutnya.

Ia melanjutkan, peran kedua pelaku sendiri berbeda, RG merupakan eksekutor sedangkan DN bagian mendorong motor untuk dibawa kabur.

Baca Juga :  ICJR Kirim "Amicus Curiae" untuk Ringankan Vonis Richard Eliezer

Untuk diketahui, RG merupakan seorang residivis yang terjerat kasus serupa.

“Untuk pengungkapan sendiri kami melihat dari modus saja, karena pelaku residivis, kita juga ada memang titik tertentu yang ada CCTV-nya,” tukasnya.

Kedua pelaku sendiri diamankan di Kampung Satu saat sedang berada di rumah DN. Pada saat diamankan keduanya sedang beristirahat.

“Waktu beraksinya sendiri mereka memang malam hari,” katanya.

Hingga diciduk petugas, keempat barang bukti motor belum sempat keduanya jual dan pada saat diamankan pun keempatnya masih berada dalam penguasaan pelaku.

Baca Juga :  Tinggalkan Sapi Sembarangan, Pemilik Kena Denda Rp 1 Juta

“Pengakuan keduanya sih mau dipreteli dulu baru dijual,” katanya.

Keduanya pun disangkakan melanggar Pasal 363 Ayat 1 Ketiga KUHPidana, Pasal 363 Ayat 1 Keempat KUHPidana, Pasal 362 junto Pasal 65 KUHPidana. (*)

Adapun barang bukti tersebut :

– 1 unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter
-1 unit sepeda motor merk Yamaha Mio
– 1 unit sepeda motor merk Honda Beat Sporty
– 1 unit sepeda motor merk Honda Bear Streat.

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *