Kerjasama dengan Puslitkoka Jember dalam Pengembangan Kako dan Kopi

benuanta.co.id, BULUNGAN – Potensi pengembangan agrobisnis tanaman kakao dan kopi cukup besar di Kabupaten Bulungan. Bahkan beberapa wilayah di kecamatan telah mengembangkannya.

Agar potensi itu dapat ditingkatkan lagi, dalam upaya menguatkan ekonomi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bulungan telah menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia PT Riset Perkebunan Nusantara di Jember, Jawa Timur, melalui pengembangan agrobisnis kopi dan kakao.

Baca Juga :  Isu Tabung Gas LPG Langka di Nunukan, Kabag PSDA Bilang Begini

“Sudah kami lakukan penandatanganan MoU bersama Kepala Puslitkoka Dini Astika Sari, di gedung Puslitkoka Jember,” terang Bupati Bulungan, Sarwani kepada benuanta.co.id, kemarin.

Dirinya berharap dengan kerjasama itu, pengembangan agrobisnis yang berbasis komoditas kopi dan kakao dapat bermanfaat bagi para petani di Bulungan, mulai dari sektor hulu hingga hilirnya.

“Dalam kesepakatan bersama itu ada 7 point yang disepakti meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengembangan hulu sampai hilir atas komoditas kopi dan kakao,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Nunukan Sebut Izin Pendirian SPBU Kewenangan Pertamina

Dia menambahkan 7 poin yang disepakati itu di antaranya penyediaan inovasi teknologi kopi dan kakao, pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan kopi dan kakao, fasilitasi akses pasar domestik dan internasional produk kopi dan kakao. Kemudian jaminan mutu keamanan pangan, jaminan mutu keamanan pangan, penguatan petani dan UMKM kopi dan kakao.

“Lalu pengembangan wisata edukasi berbasis kopi dan kakao serta program kerjasama bidang lain sesuai kebutuhan dan persetujuan para pihak,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Omzet Turun BBM Malaysia Beredar di Sebatik, Pengusaha APMS Curhat ke DPRD Nunukan

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *