Nama Terlalu Singkat, Disdukcapil KTT Buka Layanan Pembaharuan KTP

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tana Tidung (KTT) mulai membuka pelayanan pembaharuan pada nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal tersebut merupakan tindaklanjut Permendagri nomor 73 tahun 2022 tentang pencatatan nama pada dokumen kependudukan oleh Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Tana Tidung, Nurzain, S.E mengatakan dengan adanya Permendagri itu, maka setiap penduduk wajib melakukan perubahan nama pada KTP-nya.

Baca Juga :  Dipinjamkan Gedung, KPU Kaltara Apresiasi Pemkab Tana Tidung

“Nama di KTP saat ini dibatasi hanya minimal dua kata saja, tidak boleh disingkat dan tidak boleh terlalu panjang. Jadi jika tahun ini ada penduduk yang mau bikin KTP maka penggunaan namanya harus disesuaikan dengan Permendagri itu,” kata Nurzain, Sabtu 2 Juni 2022.

Namun bagi penduduk yang sudah terlanjur memiliki nama yang tidak sesuai dengan batas kata yang ditetapkan oleh Permendagri, maka penduduk wajib melakukan pembaharuan pada nama di KTP-nya.

Baca Juga :  Lolos Uji Kelayakan, Pelabuhan Speedboat Keramat KTT Akhirnya Resmi Beroperasi

“Misalnya nama Muhammad disingkat Muh, tentu harus diubah termasuk nama yang cuma satu kata saja itu harus ditambahin kata pada namanya,” ujarnya.

Nurzain mengungkapkan saat ini dari 31 ribu lebih jumlah penduduk yang ada di Tana Tidung, sekitar 98 persen telah memiliki KTP. Namun untuk jumlah pencantuman nama yang tidak sesuai dengan Permendagri Nurzain sendiri mengaku belum mengetahui jumlah pastinya.

Baca Juga :  Dipinjamkan Gedung, KPU Kaltara Apresiasi Pemkab Tana Tidung

“Makanya pembaharuan nama pada KTP ini kita buka, artinya jika memang ada masyarakat yang ingin merubah, ya kita persilahkan dan akan kita layani,” terangnya.

“Namun masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui adanya Permendagri ini. Jadi Permendagri ini akan terus kita sosialisasikan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *