LLK Tarakan Fasilitasi Magang ke Jepang, Pekerja Bisa Raup Uang Ratusan Juta

benuanta.co.id, TARAKAN – Lembaga Latihan Kerja (LLK) Tarakan perdana menjadi fasilitator dalam pelatihan kerja dan magang ke negeri Sakura. Namun, untuk biaya pendaftaran sendiri tetap ditanggung oleh peserta sebesar Rp35 juta.

Kepala UPTD LLK Tarakan, Andi Arfan mengatakan biaya pendaftaran ini sebanding dengan hasil magang yang didapatkan selama 2 hingga 5 tahun lamanya.

“Intinya tidak rugi lah, korbankan Rp35 juta. Nanti pulang asuransi cair bisa sampai Rp60 juta kemudian disimpan Rp10-20 juta per bulan dikali 3 tahun bisa minimal Rp300 juta lah dibawa pulang,” bebernya saat ditemui, Sabtu (2/7/2022).

Untuk sistem pendaftarannya sendiri dilakukan secara online. Petunjuk teknis dan biaya juga disampaikan termasuk tahapannya.

Baca Juga :  PSDKP: Tarakan Masuk Zona Dua Penangkapan Ikan Tradisional

Dijelaskan Arfan, Rp35 juta tersebut termasuk ke dalam pembinaan fisik, mental, pelatihan bahasa Jepang, modul kemudian seragam sampai tiket pesawat, BPJS Ketenagakerjaan, medical check up pengurusan pasport, visa sampai penjemputan di Jepang. Pembayaran pun dilakukan secara bertahap

“Saat dinyatakan lulus kemudian dipersilahkan masuk ke kelas bahasa Jepang, baru membayar bertahap. Mulai dari Rp5 juta kemudian masuk pendidikan hari pertama Rp5 juta. Setelah satu bulan pembelajaran, membayar lagi Rp 10 juta. Dua bulan pembelajaran, Rp10 juta dan bulan ketiga pembelajaran Rp5 juta,” paparnya.

Selain itu terdapat pula syarat dalam petunjuk teknis, yakni usia 17 tahun hingga 30 tahun dengan pendidikan minimal SMA. Tidak bertato, tidak menggunakan narkoba, sehat jasmani, berkomitmen untuk bekerja di Jepang, bersedia mengikuti aturan pendidikan dan berkomitmen belajar dengan target hingga harus warga Kaltara.

Baca Juga :  Sidang Pra Peradilan Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Lahan, Polda Kaltara Merasa Penyidikan Sesuai SOP

“Selama masa pelatihan, peserta harus berada di Tarakan untuk mengurangi biaya, sampai saat ini sudah 12 orang yang mendaftar dan rata-rata S1,” urainya.

Ia melanjutkan, pendaftaran ini telah dimulai sejak 29 Juni hingga 5 Juli mendatang. Adapun kuota yang dibuka saat ini sebanyak 20 orang.

“Pastinya nanti diseleksi lagi, termasuk kemampuan mereka untuk membiayai dirinya. Sampai di Jepang nanti langsung kerja. Kan yang wawancara perusahaan langsung,” tuturnya.

“Sampai di Jepang nanti juga ada penjamin dari perusahaan yang akan mengatur tempat tinggal dan transportasi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Dua Remaja SMP Gantung Diri Bukan Pelajar di Tarakan

Ia berharap dengan pihaknya sebagai fasilitator diharapkan dapat melanjutkan kerja sama dengan negara lain. Misalnya Australia atau negara lain yang mencari pekerja dengan spesifikasi kemampuan tertentu.

Jenis-jenis pekerjaan yang disediakan, baru akan diketahui saat akan dilakukan seleksi wawancara online melalui zoom.

“Misalnya mau bekerja di kantor perwakilan atau di bagian otomotif. Dari KTI memerlukan tenaga kerja hingga 10.000 orang, itu bisa gitu,” tandasnya.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan Klik Link https://bit.ly/LLKTARAKAN_Japan
Atau hubungi 0812-8462-6363 (Whatsapp)/0822-5514-6055 (Whatsapp). (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *