Anggaran Capai Rp 3 Miliar, Perawatan PJU Tahun Ini Capai Wilayah RT

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan telah menganggarkan untuk Penerangan Jalan Umum (JPU) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan, Ahmadi Burhan mengatakan bahwa sedikitnya terdapat Rp 3 Miliar yang disiapkan.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya tetap melakukan perawatan untuk PJU yang lama agar tetap bisa bermanfaat.

“Dana ini ada yang bentuknya bantuan keuangan (bankeu) dari Provinsi Kaltara. Mudahan tahun ini kita bisa mengatasi permasalahan PJU di Tarakan, setidaknya mengurai permasalahan yang ada lah,” jelasnya, Sabtu (2/7/2022)

Baca Juga :  Tekan Laka di Bawah Umur, Polisi Tertibkan Knalpot Racing Milik Pelajar

Dalam konteks ini permasalahan PJU sudah menjadi hal yang krusial seperti terdapat wilayah rawan laka, serta tindakan kriminalitas karena kurangnya penerangan.

Selain itu, terdapat pula pemetaan penempatan pemasangan dan perawatan PJU. Di antaranya, terbagi di beberapa kelurahan, ada juga yang masuk usulan dari Ketua RT melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Sehingga pengadaan PJU ada yang diadakan melalui APBD Kota Tarakan dan dilaksanakan melalui bankeu.

Baca Juga :  Sidang Pra Peradilan Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Lahan, Polda Kaltara Merasa Penyidikan Sesuai SOP

“Ada juga dari Kementrian ESDM. Jadi, PJU ini tidak hanya di jalan protokol, tapi ada juga di titik jalan RT sesuai usulan Musrenbang,” tukasnya.

Menyoal sistem perawatannya tidak hanya seputar lampunya yang sudah harus diganti. Tetapi, ada beberapa instalasi lainnya, karena PJU memiliki rangkaian kompleks.

“Artinya perawatan tidak hanya bola lampu, tetapi juga instalasi lain yang perlu ada penggantian,” sebutnya.

“Apalagi usia PJU kita ini sudah sampai 20 tahunan. Tapi, sementara ini kami masih mengusulkan lagi di anggaran perubahan,” lanjut Ahmadi.

Baca Juga :  Warga Pamusian Ngadu ke Kapolres soal Kenakalan Remaja

Jumlah PJU yang baru ini, berkisar seribuan titik ditambah lagi perbaikan dan perawatan untuk sekitar 400 an PJU yang ada dengan anggaran sekitar Rp 200 juta. Pihaknya juga telah kembali mengusulkan angaran untuk perawatan di APBD Perubahan sekitar Rp 200 juta. (*)

Reporter: Endah Agustina
Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *