Perluas Kepesertaan Hingga Desa, BPJamsostek Bulungan Gandeng Dinas Pertanian

Bulungan – BPJamsostek Kabupaten Bulungan lakukan perluasan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan di salah satu Desa di Kabupaten Bulungan yaitu Desa Pimping Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten, Selasa (28/6).

Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bulungan berkomitmen untuk terus meningkatkan kepesertaan di wilayah Kabupaten Bulungan salah satunya bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan agar semakin banyak masyarakat pekerja informal tercover program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bulungan Ahmad Bisyri menyampaikan masih banyak masyarakat pekerja informal belum memiliki jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya daerah pelosok di Kabupaten Bulungan.

Baca Juga :  Dengarkan Keluhan Warga Soal BLT hingga PKH, Mensos Risma Perintahkan Staf Ahli Tinggal di Desa Karang Agung

“Saat ini kami berfokus pada perluasan kepesertaan pekerja informal, di mana masyarakat kabupaten Bulungan banyak yang berprofesi sebagai petani, nelayan, petambak dan sektor pekerja mandiri lainnya,” ujarnya.

Menurut Bisyri, dengan menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan dapat mempermudah dan menjadikan masyarakat sebagai peserta, di mana Dinas Pertanian dapat membantu dalam menyampaikan bagaimana manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mereka yang bekerja secara mandiri.

“Sampai sekarang ini masih banyak terdapat masyarakat di pelosok beranggapan bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan hanya bisa digunakan oleh mereka yang bekerja di perusahaan atau sektor formal, kami di sini datang untuk menjelaskan bahwa semua masyarakat dapat melindungi diri dari risiko-risiko ketenagakerjaan seperti kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan pekerja dapat melakukan klaim jaminan hari tua jika mengikuti program jaminan hari tua,” jelasnya.

Baca Juga :  Kuota Penuh, PDIP Bulungan Tetap Buka Kesempatan untuk Balon Pileg Bergabung

Bisyri berharap melalui kegiatan ini masyarakat lebih paham mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dan segera mendaftar menjadi peserta, sehingga mereka merasa tenang dan nyaman saat bekerja.

Bisyri menambahkan 90% dari masyarakat yang mengikuti sosialisasi langsung mendaftarkan dirinya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan beberapa dari peserta langsung membayar iuran selama 6 bulan dan bahkan ada yang 1 tahun ke depan.

Baca Juga :  Kades Karang Agung: Masa Jabatan Cukup 6 Tahun

“Para petani di desa pimping menyambut baik program ini dan mereka meminta dapat difasilitasi oleh pemerintahan desa untuk dapat diadakan acara serupa dengan jumlah peserta lebih banyak, agar nantinya seluruh petani di desa tersebut dapat memahami terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan,” tutupnya.(*)

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *