Kemenag Tana Tidung Ingatkan CJH Jaga Dokumen Haji

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung, melalui Kementrian Agama (Kemenag) perwakilan Kabupaten Tana Tidung melepas rombongan Calon Jamaah Haji (CJH) untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Sama seperti wilayah lain di tanah air, ini merupakan kali pertama Kemenang Tana Tidung melepaskan rombongan CJH usai masa pandemi Covid-19.

“Dua tahun berturut-turut kita tidak bisa memberangkatkan CJH kita, akibat adanya pandemi Covid-19. Tapi karena situasi kita sudah mulai endemi, jadi tahun ini kita kembali memberangkatkan CJH,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tana Tidung Said Masput, Rabu 29 Juni 2022.

Masput menyebut rombongan CJH asal Tana Tidung kali ini sebanyak 7 CJH, yang rencananya akan dilepas di Bandara Atty Bessing Kabupaten Malinau.

“Dari Malinau ke Balikpapan. Setelah di Balikpapan para CJH ini akan diberikan waktu semalam untuk istirahat, sebelum nantinya akan diberangkatkan bersama dengan rombongan lainnya yang ada di luar daerah,” ujarnya.

Masput juga mengingatkan ke semua CJH agar selalu membawa dan menjaga dokumen hajinya agar tidak hilang.

“Kalau bisa harus dibawa selalu dokumen itu, karena kalau hilang nantinya akan membuat masalah baru bagi CJH itu sendiri, karena itu dokumen penting yang menandakan mereka peserta haji dari Indonesia,” imbuhnya.

Sebelum dilepas menuju Bandara Atty Bessing Malinau, Masput melakukan tes kesehatan dan meminta kepada para CJH agar membawa vitamin atau obat penambah imun lainnya, mengingat iklim yang ada di Arab Saudi sangat berbeda dengan iklim yang ada di Indonesia.

“Pelaksanaan haji merupakan perjalanan panjang, jadi para CJH wajib menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta membawa vitamin. Karena cuaca di Arab Saudi itu panas, dan tentunya akan membuat CJH cepat lelah,” terangnya.

Dikesempatan ini Masput juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para CJH yang telah bersabar untuk menunggu kesempatan berangkat haji.

“Harusnya CJH ini berangkat pada tahun 2020 dan 2021 lalu, dan karena Pandemi mereka baru bisa berangkat ditahun ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *