oleh

KPU Tarakan Fokus Sosialisasi Pemilu, Pastikan Pelayanan Full Time

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, sejak awal tahapan Pemilu dimulai pada 14 Juni 2022, hingga kini masih fokus pada Bimbingan Teknis (Bimtek) di internal KPU dan melakukan sosialisasi.

Namun demikian, KPU Tarakan sembari menunggu penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu, pihaknya akan berfokus pada persiapan pendaftaran parpol peserta pemilu pada akhir Juli mendatang.

“Kita masih menunggu (regulasi), biasanya di awal-awal seperti ini sambil pembentukan regulasi juga ada bimbingan teknis internal. Bimtek ini untuk disampaikan ke masyarakat, terkait persiapan kemudian juga terkait dengan tata cara verifikasi partai politik peserta Pemilu,” kata Ketua KPU Kota Tarakan, Nasruddin kepada benuanta.co.id, Selasa (21/6/2022).

Lanjut Nasruddin, KPU menurutnya akan mensosialisasikan melalui sosial media terkait informasi kepemiluan dan apabila ada undangan dari luar yang membutuhkan informasi terkait Pemilu 2024, para komisioner KPU pun bersedia memberikan informasi yang terupdate.

Ia juga mengemukakan, hingga saat ini telah ada keterlibatan parpol dalam tahapan Pemilu yang tengah berjalan. Hal itu berkaitan pula dengan tugas fungsi KPU, dimana pada prinsipnya KPU kata Nasruddin, tentu melayani parpol sebagai peserta Pemilu dan masyarakat sebagai pemilih.

“Kami telah menyampaikan kepada semua parpol, mari kita berkoordinasi artinya semua kita samakan baik partai lama maupun baru kita akan berikan pelayanan yang sama,” terang komisioner KPU Tarakan dua periode itu.

Adapun tahapan dan jadwal penyelenggaraan tahapan pemilihan Legislatif dan Pilpres 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 meliputi perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan 14 Juni-14 Desember 2023.

Selama memasuki tahapan Pemilu, sudah menjadi tugas KPU untuk melayani sepanjang waktu. Nasruddin mengaku KPU Kota Tarakan telah siap menyongsong dan mensukseskan Pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

“Kalau masuk tahapan itu tidak ada tanggal tutup. Disebutkan di PKPU hari kalender. Kami berikan pelayanan penuh dan parpol terlayani dengan baik menjadi peserta pemilu yang baik,” pungkasnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 − 10 =