oleh

Jelang Pesta Demokrasi, Dua Parpol Muda Ini Mendaftar ke Kesbangpol Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dua Partai politik (Parpol) baru mulai merapat di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Sesuai aturannya, parpol baru mesti mendaftarkan diri ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Kepala Kesbangpol Nunukan Abdul Karim, mengatakan partai yang sudah tercatat di Kesbangpol itu telah memenuhi syarat, karena sudah memiliki Surat Keputusan (SK) dan nama-nama pengurus, memiliki sekretariat di Nunukan, sehingga pihaknya mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

“Untuk di Nunukan ada dua partai baru yakni Partai Umat dan partai Golongan Rakyat Indonesia (Gelora) yang sudah mendaftar di Kesbangpol Nunukan,” kata Abdul Karim, Senin, 20 Juni 2022.

Parpol Umat dipimpin oleh dewan pimpinan wilayah (DPW) Dino sebagai ketua, sedangkan parpol DPD partai golongan rakyat Indonesia (Gelora) H. Albar.

Kata Abdul Karim, pihaknya masih menunggu, kemungkinan masih ada parpol lain yang akan mendaftar karena jika dilihat dipusat ada beberapa partai baru. Kedua partai yang ada saat ini bukan tiba-tiba, karena sudah ada di Nunukan namun saat itu mereka hanya memenuhi persyaratan saja.

“Kita belum tau, apakah ada partai politik baru lagi mendaftar, kita belum tahu. Kemungkinan partai baru masih ada yang mendaftar jika melihat kondisi di pusat saat ini fluktuasi (turun naik) partai yang muncul yang akan bertarung,” jelasnya.

Sedangkan untuk persyaratan yang ingin mendaftarkan Partai politiknya di Kesbangpol, harus ada surat permohonan, memiliki SK Kemenkumham tentang pendirian partai politik, Akte Notaris, SK kepengurusan yang ada di daerah hingga tingkat kecamatan minimal 50 persen, surat keterangan domisili, surat pernyataan personil partai yang namanya tercantum di SK kepengurusan, tidak merangkap sebagai partai lain, salinan KTP bagi ketua, sekretaris dan bendahara parpol.

“Tidak lengkap tidak akan kita proses. Jika ingin cepat lengkapi persyaratannya, kami juga akan memverifikasi terlebih dahulu,” ujarnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 + ten =