oleh

Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022 Bergulir di Bulungan, Tarakan dan Nunukan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Memeriahkan  pertandingan Piala KASAD Liga Santri PSSI tahun 2022, sebanyak 2 klub sepakbola asuhan Kodim 0903/Bulungan yakni Pesantren Hidayatullah FC dan Pesantren Al-Khairaat FC menggelar pertandingan pada Senin, 20 Juni 2022 di lapangan Ahmad Yani Tanjung Selor.

Pembukaan langsung dilakukan oleh Komandan Korem 092/Maharajalila Brigjen TNI Rifki. Ia mengatakan sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati dan digemari oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat, sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepak bola.

“TNI Angkatan Darat menaruh perhatian terhadap sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Seperti hari ini 2 klub sepakbola dari pesantren yang ikut yaitu Hidayatullah FC dan Al-Khairat FC,” ujarnya.

Kata dia, harapan para pemain sepakbola dapat bermain pada kancah internasional, menjadikan TNI AD bersama dengan PSSI tergugah untuk membangun sebuah komitmen bersama demi kemajuan dunia sepak bola tanah air dengan menyelenggarakan kompetisi Liga Santri yang akan diikuti seluruh santri pondok pesantren yang ada di Indonesia.

Pertandingan Piala KASAD Liga Santri PSSI di Stadion Datu Adil Kota Tarakan.

“Tak hanya di Bulungan, pesantren yang ada di Tarakan dan Nunukan juga ikut bertanding,” tukasnya.

Untuk wilayah Kodim 0907/Trk dilaksanakan di Stadion Datu Adil Tarakan yang dibuka dengan ditandai Kick Off Oleh Walikota Tarakan dr. Khairul, M.Kes didampingi Dandim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana, S.I.P.,M.Si.

Liga santri tersebut diikuti 4 tim dari 4 pondok pesantren di wilayah Kota Tarakan. Dalam sambutannya Dandim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana, S.I.P., M.Si mengatakan, Piala Kasad Liga Santri 2022 ini merupakan perwujudan bhakti dan sumbangsih TNI AD untuk negeri melalui pembinaan generasi muda di kalangan santri dalam bidang sepak bola.

“Piala Kasad Liga Liga Santri ini juga bertujuan meningkatkan perkembangan sepak bola khususnya di wilayah Kota Tarakan,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk waktu pelaksanaan Liga Santri Piala Kasad 2022 dilaksanakan selama 4 bulan. Tingkat kota dan kabupaten dilaksanakan tanggal 20 Juni sampai 30 Juli 2022 dan Tingkat  provinsi tanggal 7 Agustus sampai 17 September 2022. Tingkat nasional tanggal 5 sampai 22 Oktober 2022 di Jawa Barat. untuk final penutupan dilaksanakan di Gelora Bung Karna (GBK) Jakarta,” jelasnya.

“Harapannya agar para pemain bisa serius dan menjunjung sportifitas, serta menghindari kekerasan yang diakibatkan emosi agar potensi atau kemampuan pemain semakin terlihat,” jelasnya.

Sementara di Nunukan, Liga Santri Piala KASAD di wilayah Kodim 0911/Nunukan resmi digelar di Stadion Sei Bilal Nunukan. Komandan Kodim 0911/Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca, M. Han mengatakan, kejuaraan ini merupakan jalinan silaturahmi antar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Nunukan itu sendiri. Liga santri ini juga bagian dari memberikan ruang bagi kalangan santri, dalam mengembangkan olahraga sepak bola dikalangan pesantren.

“Satu inisiasi KSAD dalam mengembangkan olahraga di kalangan pesantren, ajang ini juga sebagai upaya dalam mencetak bibit sepak bola ke depannya,” katanya.

Kegiatan dihadiri oleh segenap unsur FKPD diantaranya Dandim 0911/Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, S.H, S.I.K, MH, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 18/Komposit Letkol Arm Yudhi Ari Irawan, S.T.han. M.Han, Dan Sub PM Nunukan Letda Cpm Catur, Perwakilan dari Kejari dan Pengadilan Negeri Nunukan serta tamu undangan lainnya.

Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022 juga bergulir di Kabupaten Nunukan, Senin, 20 Juni 2022.

Sekretaris Pemerintah Kabupaten Nunukan Serfianus, S.I.P, M. Si, memberikan apresiasi dan berharap ajang ini menjadi agenda rutin setiap tahun.

“Sangat apresiasi dan turut bangga atas digelarnya ajang Piala Bergengsi ini. Kita semua tahu bahwa masih banyak potensi atlet yang ada di pesantren, sehingga Liga Santri ini adalah ruang bagi santri dalam meraih prestasi olahraga, khususnya sepak bola,” terangnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi/Pendim 0907/Trk & Pendim 0911/Nnk

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − nine =