Petani Siapkan Lahan, Kodim 0903/Bulungan Siapkan Pendamping Tanaman Sorgum

benuanta.co.id, BULUNGAN – Menjadi salah satu alternatif bahan pangan seperti tanaman padi dan jagung serta gandum. Tanaman sorgum rencananya akan dibudidayakan di Kabupaten Bulungan. Hal itu di prakarsai oleh Kodim 0903/Bulungan, di mana salah satu personel Kodim telah melaksanakan pelatihan penanaman sorgum.

“Jadi, ada 1 anggota kami ikut pelatihan di Balikpapan, mereka belajar itu mulai menanam sampai panen. Mereka itu di sana selama 3,5 bulan,” ucap Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto kepada benuanta.co.id, kemarin.

Dia mengatakan setiap kodim yang dibawahi oleh Kodam VI/Mulawarman diminta untuk belajar membudidayakan tanaman sorgum ini. Setelah selesai nantinya para prajurit ini akan menularkan ilmunya kepada petani.

Baca Juga :  Cuti Lebaran Diperkirakan 29 Ribu Penumpang Mudik Naik Kapal PT PELNI

“Ini adalah programnya Kodam, masing-masing kodim diminta 1 orang belajar. Ketika pulang, harapannya mereka mengembangkannya disini,” sebutnya.

Agar ilmu menanam sorgum ini tidak hilang, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan dengan desa yang bersedia menjadi percontohan.

“Lahan yang disiapkan awal sekitar 5 sampai 10 hektare dulu. Bukan kita yang mengerjakannya tapi petani, hanya saja kita yang mendampingi mereka,” jelasnya.

Baca Juga :  DKUKMPP Nunukan Kembali Gelar Pasar Murah di Lima Lokasi

Akatoto menjelaskan, tanaman sorgum ini mirip dengan sereal gandum. Di mana tanaman ini dapat dipanen sampai 3 kali, sehingga tanaman ini cocok dan menguntungkan.

“Sudah di potong akan berbuah lagi. Jadi sekali tanam dalam setahun bisa dipanen sampai 3 kali,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *