Dinkes Tarakan akan Lakukan Imunisasi Kejar untuk Hepatitis

benuanta.co.id, TARAKAN – Selain pemberian vaksinasi terhadap campak dan rubella, Dinas Kesehatan Kota Tarakan juga berencana akan memberikan vaksin khusus hepatitis.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes, menjelaskan nantinya program vaksinasi Hepatitis ini akan dilakukan pada imunisasi kejar.

“Nanti ada namanya Imunisasi Kejar, nanti kita akan lakukan itu seperti penyakit Hepatitis juga,” sebutnya, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga :  Kraken Menjangkiti Pelaku Perjalanan asal Polandia di Balikpapan

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini Kota Tarakan masih aman dari hepatitis misterius yang menghebohkan Indonesia.

“Kita belum ada laporan untuk misterius, vaksinasi kita tetap jalan aja beda sistemnya saja,” ungkapnya.

Diakuinya vaksinasi tetap berjalan semenjak pandemi dua tahun lalu, namun sistemnya berbeda tidak lagi di posyandu namun di puskesmas.

Baca Juga :  Ombudsman RI Kaltara Turut Soroti Kasus Pemalsuan Dokumen Tanah

Devi menuturkan gejala yang ditimbulkan dalam penyakit ini tidak terlalu serius namun butuh pembuktian pada tes laboratorium untuk penentuannya.

“Nanti ada hasilnya seperti SDOT atau SGPT nya di atas 500 barulah kita arahkan ke sana. Itupun harus dia bukan pemeriksaan Hepatitis dari A sampai E kita tidak masukan ke sana,” urainya.

Dalam hal ini ia mengimbau jika ada masyarakat yang hendak melakukan pemeriksaan terhadap sakit yang dicurigai sebagai hepatitis agar segera menuju ke puskesmas terdekat. (*)

Baca Juga :  Kurang Mikronutrien bisa Sebabkan "Hidden Hunger"

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *