oleh

Peresmian PLBN Sebatik Masih Menunggu Jokowi

benuanta.co.id, NUNUKAN – Meski pembangunan sudah mencapai 95 persen, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di pulau Sebatik Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) belum mendapat kepastian kapan diresmikan dan bisa beroperasi.

Hadirnya PLBN juga digadang-gadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI, Drs. Ismawan Harijono mengatakan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan protokol kepresidenan. Pasalnya, PLBN Sebatik disebut-sebut bakal diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

“Dari informasi yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, pembangunan sudah mencapai tahap finishing di PLBN Sebatik. Jadi kita akan menyampaikan hal tersebut melalui protokol kepresidenan untuk menjadwalkan peresmian, kata Drs. Ismawan Harijono, kepada benuanta.co.id, Jumat (17/6/2022).

Selain itu, hingga saat ini nama PLBN di Sebatik juga menjadi polemik masyarakat. Sebab nama tersebut masih terpajang PLBN Sei Nyamuk, padahal masyarakat menginginkan nama itu diubah menjadi PLBN Sebatik Indonesia.

“Saya tidak bisa memutuskan persoalan itu di sini (Nunukan), karena persoalan itu lagi dibahas di pusat untuk dirumuskan,” jelasnya.

Terpisah Sekretaris daerah Kabupaten, Nunukan Serfianus menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah membangun tiga pos lintas batas negara seperti di Long Midang Kecamatan Krayan, Sei Pancang di Kecamatan Sebatik dan Labang di Wilayah Kecamatan Lumbis Pansiangan.

“Kami tidak pernah membayangkan bahwa pemerintah pusat akan membangun PLBN yang sedemikian besar dan mewah di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan,” ujarnya.

Kata Serfianus, keberadaan PLBN nantinya akan diikuti dengan perhatian yang semakin sungguh-sungguh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan. (*)

Reporter:  Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × three =