Nunukan Segara Terapkan Siaran TV Digital

benuanta.co.id, NUNUKAN – Peralihan siaran televisi analog ke siaran digital di Kalimantan Utara (Kaltara) mulai diterapkan. Adapun pemerintah pusat juga memberikan bantuan berupa Set Top Box (STB) untuk wilayah di Kaltara.

Salah satunya di wilayah Nunukan yang saat ini sudah memasuki tahap pertama penerapan siaran digital. Pranata Komputer Diskominfo Kabupaten Nunukan, Rahmansyah menjelaskan data penerima STB ini diambil dari sistem yang langsung terhubung dengan data penduduk dan juga Dinas Sosial.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2020 votes

“Jadi aplikasi itu berada di Kementerian Sosial, data itu diambil dari Kemensos. Jadi data itu syarat untuk mengambil STB-nya,” ujarnya pada Jumat (18/6/2022).

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Disampaikannya, seluruh kecamatan di Kabupaten Nunukan dipastikan mendapatkan bantuan STB yang berjumlah 6.000.

“Nanti prosesnya itu langsung dikirim dari pusat ke penerimanya, jadi artinya Diskominfo hanya sebagai SKPD untuk sebagai informasi aja. Terkait teknisnya, yang kami tahu pengirimannya nanti melalui Kantor POS,” jelasnya.

Rahmansyah menjelaskan untuk penyelenggara mux sendiri pihaknya belum melakukan uji coba terkait sinyal.

Baca Juga :  Imigrasi Masih Periksa Intensif WNA Pembawa Kosmetik Ilegal dari Malaysia

“Secara uji coba kalau di Nunukan belum pernah kami coba. Tapi infonya ada alat khusus, kalau analog kan TV-nya ada antena di luar, ini (digital) TV-nya ditempel di mana saja jadi nanti dapat siaran,” ungkapnya.

“Sesuai dengan informasi pusat sepertinya sudah aktif (mux) namun kita belum pernah coba. Karena kita pakai yang sambung ke internet,” sebutnya.

Baca Juga :  Bea Cukai Nunukan Sebut Ekspor Minyak Kemiri ke Malaysia Tidak Dikenakan Cukai

Terpisah, Dani (42) warga jalan Pahlawan Kelurahan Nunukan Barat mengatakan sampai saat ini belum menggunakan siaran TV digital masih analog.

“Belum digital, tapi kalau sudah ada yang digital saya mau pasang biar nonton bolanya lebih enak,” ujar Dani kepada benuanta.co.id. (*)

Reporter : Novita A.K

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *