oleh

DKPP Tana Tidung Pastikan Stok Hewan Kurban Idul Adha Tetap Aman

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Tana Tidung (KTT) memastikan stok hewan kurban tetap aman.

Saat dikonfirmasi, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Tana Tidung, Septo Wardhani mengatakan saat ini stok hewan kurban yang tersedia pada peternak hewan kurban di KTT masih dalam stok aman dengan jumlah 135 ekor sapi dan 42 ekor kambing.

“InsyaAllah jumlah segitu tetap memenuhi kouta hewan kurban kita. Tapi itu semua tergantung lagi pada seberapa banyak masyarakat yang akan membeli hewan kurban,” kata pria yang akrab disapa Septo, Rabu 15 Juni 2022.

Ia menambahkan, kategori stok aman itu merujuk pada jumlah hewan ternak yang dikurban pada Idul Adha tahun 2021 lalu. Di mana pada Idu Adha 2021 lalu hanya 129 ekor sapi dan 42 ekor sapi yang dikurban.

“Jika melihat data tahun lalu, maka stok hewan kurban kita saat ini masih aman. Hanya saja kita tetap mencegah adanya kemungkinan pertambahan pemesanan hewan ternak saat mendekati Idul Adha,” ujarnya.

Guna mengantisipasi adanya pembludakan pemesanan hewan kurban itu, Septo membeberkan saat ini para peternak yang ada di KTT telah bersiap menambah pasokan hewan kurban, yang rencananya baru akan tiba 2 pekan lagi.

“Dari surat ijin mendatangkan hewan ternak yang masuk kekita itu ada 85 ekor sapi lagi yang akan tiba di KTT. Di mana 32 ekornya sudah dinyatakan bebas PMK dan sisanya masih dalam perjalanan,” imbuhnya lagi.

“Jadi untuk stok hewan kurban kita pastikan aman, karena peternak juga terus mendatangkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha kita,” ungkapnya.

Selain mewanti-wanti adanya pembludakan pemesanan hewan kurban, bersama DKPP Tana Tidung juga mencegah masuknya penyakit PMK pada hewan ternak.

Ia menuturkan setiap hewan ternak yang masuk ke KTT akan melalui proses karantina dan pemeriksaan sampel darah, hal itu untuk memastikan hewan ternak tidak terjangkit PMK.

“Untuk saat ini wilayah KTT masih aman dari PMK, namun segala tindakan pencegahan terus akan kita lakukan dengan rutin memeriksa hewan ternak,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Nicky Saputra

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five × 5 =