Hasil Tes Kesehatan Keluar, Hewan Ternak di KTT Aman PMK

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang ada di Kabupaten Tana Tidung (KTT), Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) melakukan pemeriksaan kesehatan melalui uji sampel darah hewan ternak.

Medik Veteriner DPPP Kabupaten Tana Tidung, dr Eny Widayati mengatakan saat ini sudah ada 24 sampel serum dan darah hewan ternak di Tana Tidung yang dikirim ke Balai Veteriner Banjarbaru yang terdiri dari 8 sampel ternak sapi dan 16 sampel ternak kambing.

“Pemeriksaan pada sampel hewan ternak ini kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran PMK dan pemeriksaan ini rutin kita lakukan,” kata dr Eny Widayati, Sabtu, 4 Juni 2022.

Dari ke 24 uji sampel hewan ternak itu, dr Eny membeberkan kalau tidak ada yang dinyatakan positif PMK yang artinya saat ini KTT, masih menjadi zona hijau untuk wilayah PMK.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

“Hasilnya sudah keluar dan alhamdulilah negatif semua, dan kita harap hasil negatif ini terus bertahan,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan pada sampel darah hewan ternak, bahkan saat ini pihaknya kembali mengambil 15 sampel pada hewan ternak untuk dilakukannya pemeriksaan kesehatan.

“Sudah kita ambil sampelnya, namun belum kita kirim ke DPPP Banjar Baru, rencananya kita akan kembali mengambil sampel lagi baru kita kirim. Jadi sekalian,” terangnya.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

Tak hanya itu, dr Eny juga menambahkan kalau, hewan ternak yang hendak masuk KTT harus melakukan isolasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan kalau hewan ternak yang masuk KTT merupakan hewan ternak yang sehat dan aman dari PMK .

“Sapi yang datang kita isolasi minimal seminggu dulu, sampai hasil pemeriksaannya (sampel) keluar. Jika sudah baru hewan ternak itu kita ijinkan untuk diperjual-belikan,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *