Sistem Lalu Lintas Satu Arah di Stadion Datu Adil Diterapkan Jumat Besok

benuanta.co.id, TARAKAN – Penerapan Sistem Lalu Lintas Satu Arah di kawasan Stadion Datu Adil, akan dimulai pada esok hari, Jumat (27/5/2022). Berbagai kesiapan dan sosialisasi telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan unsur berwenang lainnya.

Kebijakan lalu lintas ini, diberlakukan setelah melewati pengkajian matang tentang rawannya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh Crossing Conflict yang tinggi akibat pelintasan sebidang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1568 votes

Dishub menilai, laka lantas yang kerap terjadi di simpang Jalan P. Sumatera telah menimbulkan korban jiwa. Sehingga dirasa perlu dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas satu arah ke kiri kawasan Stadion Datu Adil.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

“Harapan kami pemberlakuan satu arah di stadion ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, karena tingkat kepadatan penduduk dan pengguna lalu lintas semakin meningkat,” ujar Kepala Dishub Kota Tarakan, Ahmadi Burhan kepada benuanta.co.id, Kamis (26/5/2022).

Hal ini juga menurut Kadishub, merupakan hasil rekomendasi forum LLAJ dan pertimbangan pihak Satlantas Polres Tarakan yang menyampaikan potensi laka lantas di area tersebut.

Kesiapan Dishub telah dilangsungkan sejak 2 bulan terakhir termasuk peralatan di lapangan. Selain itu, Dishub Tarakan juga akan menurunkan petugas di waktu padatnya lalu lintas guna mengantisipasi pengendara yang belum memahami hingga pengendara yang melanggar.

Baca Juga :  Jalin Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Asik akan Gelar Baksos

“Petugas akan mengawasi pada pagi dan sore. Rambu-rambu dan peringatan arah juga sudah ada di lapangan, setelah 3 bulan kita akan sediakan permanen,” tambah Ahmadi Burhan.

Hingga kini, diterangkannya belum ada wacana pembangunan pos pemantauan di lokasi tersebut. Namun kedepannya, pihak dishub dan Satlantas Polres Tarakan bakal membahas hal itu.

Sejauh ini animo masyarakat terbilang baik menyambut kebijakan yang telah dirancang sejak tahun 2021 lalu. Dishub Tarakan tak tinggal diam, pihaknya memastikan telah bersurat ke setiap kelurahan, kecamatan dan instansi kedinasan yang berdekatan dengan kawasan Stadion Datu Adil.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat. Data laka lantas lah yang menjadi pertimbangan kami di forum LLAJ kemarin. Kemudian kepadatan pengendara itu setiap pagi dan sore hari,” imbuhnya.(*)

Keterangan arah:

1. Arah dari Jalan Sumatera diarahkan belok ke kiri (Wisma Patra)
2. Arah dari simpang Wisma Patra/kolam renang diarahkan belok ke kiri
3. Arah Kelurahan Kampung 1 Skip diarahkan lurus (Kantor PT. Pertamina)
4. Arah dari Bundaran Keramat diarahkan belok kiri (Bengkel Pertamina)
5. Arah dari Hotel Bahtera diarahkan Belok kiri.

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *